Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (dok tangkapan layar akun Twitter @ZelenskyyUa)

Zelensky Galang Dana Online dari Seluruh Dunia untuk Bantu Ukraina Lawan Rusia

Rini | Internasional | 06-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Konflik berdarah antara Rusia dan Ukraina masih berlanjut. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan negaranya, agar tak jatuh ke tangan Rusia.

Amerika dan sejumlah negara-negara Barat telah menyumbangkan dana dan alat perang demi memperkuat Ukraina dalam menghadapi gempuran pasukan Rusia. Namun tak bisa dipungkiri jika kekuatan pasukan Rusia memang jauh lebih unggul.

Zelensky pun memperluas pencarian bantuan dengan membuka platform penggalangan dana online yang dapat di ikuti masyarakat global. Platform yang disebut United24 ini dapat diakses melalui laman u24.gov.ua.

Zelensky mengatakan dana yang terkumpul akan digunakan untuk memenangkan perang melawan Rusia dan untuk menyelamatkan warga mereka. Selain itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk membangun kembali infrastruktur Ukraina.

“Dalam satu klik, Anda dapat menyumbangkan dana untuk melindungi para pembela kami, untuk menyelamatkan warga sipil kami, dan untuk membangun kembali Ukraina,” kata Zelensky lewat sebuah pesan video yang diunggah di akun Twitter resminya, Kamis (5/5/2022).

Dalam video tersebut, Zelensky menjelaskan jika dana donasi akan masuk ke bank nasional Ukraina dan disalurkan ke kementrian terkait agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Dia pun berjanji akan menggunakan dana tersebut secara transparan dan akan melakukan pembaruan informasi penggunaan dana donasi tersebut setiap 24 jam.

"Hanya bersama-sama kita memiliki potensi untuk menghentikan perang dan membangun kembali apa yang telah dihancurkan Rusia," ucapnya meyakinkan.

Tag : #volodymyr zelensky    #ukraina    #internasional    #galang dana    #united24    #invasi rusia   

Baca Juga