Garis yang bersudut dapat menciptakan kesan (Dok. Parboaboa)

Garis yang Bersudut Dapat Menciptakan Kesan Tajam, Berikut Penjelasannya!

Andre | Pendidikan | 27-07-2022

PARBOABOA – Saat menggambar, hal pertama yang terbentuk dalam kanvas adalah garis. Garis merupakan bentuk geometrik yang tersusun atas rangkaian titik yang terjalin menjadi satu.

Meskipun terlihat sepele, garis merupakan elemen penting dalam seni rupa yang dapat berubah menjadi karya seni luar biasa.

Secara umum, garis dibagi menjadi 6 jenis, yaitu garis horizontal, vertikal, diagonal, zigzag, lengkungan, berombak, dan gabungan.

Garis-garis tersebut memiliki kesan atau karakter tersendiri, seperti Horizontal memunculkan kesan tenang, Vertikal menggambarkan benda berdiri tegak, hingga Zigzag garis bersudut yang dapat menciptakan kesan tajam.

Agar lebih memahami tentang jenis-jenis garis beserta karakternya, sebaiknya kamu menyimak artikel ini sampai selesai, ya!

Jenis-Jenis Garis Seni Rupa Serta Kesan yang Diberikan

Peran garis dalam karya seni sangatlah penting. Tidak hanya mendukung proses pembentukan, tetapi juga menciptakan nilai keindahan dalam karya seni.

Berikut penjelasan jenis-jenis garis dalam karya seni rupa:

1. Garis Horizontal

Garis horizontal adalah garis yang memiliki tampilan lurus mendatar. Garis ini menginterpretasikan suatu cakrawala laut mendapat, bisa juga seperti pohon yang tumbang, orang yang tidur, serta benda-benda mendatar lainnya.

Garis Horizontal memunculkan kesan atau karakter statis, kaku, pasif, tenang, stabil, mantap, dan lain sebagainya.

2. Garis Vertikal

Garis vertikal adalah garis lurus yang tegak dan berdiri, mengarah ke atas. Jenis garis yang satu ini dikaitkan dengan benda-benda yang berdiri tegak seperti batang pohon, gedung tinggi, orang berdiri, tugu, dan lain-lain.

Kesan yang dimunculkan oleh garis vertikal adalah kaku, kuat, seimbang, statis, tidak bergerak, dan melesat menuju ke langit.

3. Garis Diagonal

Garis ini merupakan garis dengan tampilan lurus yang miring, baik it uke kanan maupun ke kiri.

Garis diagonal menginterpretasikan kesan tidak seimbang, goyah, lari, gesit, lincah, dinamis, bergerak, dan meloncat.

4. Garis Zigzag

Zig-zag merupakan garis majemuk patah-patah atau berbelok-belok ke arah berlawanan yang membentuk sudut runcing di setiap sudutnya.

Melihat bentukannya, zig-zag dapat diartikan sebagai garis yang bersudut menciptakan kesan tajam karena diinterpretasikan dengan petir, retakan, atau situasi-situasi yang berbahaya.

5. Garis Lengkungan

Garis ini memiliki tampilan arah yang membelok. Garis lengkungan sendiri terdiri atas tiga macam jenis yaitu garis lengkung busur, lengkung kubah, dan lengkung mengapung.

Kesan yang diberikan garis ini adalah dinamis, megah, kuat, ringan, teduh, indah, dan lain sebagainya.

6. Garis Berombak

Jenis garis yang satu ini masuk ke dalam kategori garis majemuk berupa lengkungan-lengkungan yang saling berkesinambungan.

Terkadang, garis berombak sering juga disebut dengan garis lengkungan S karena menggambarkan sebuah irama dan pergerakan.

Kesan yang diberikan garis ini yaitu teduh, indah, dinamis, luwes, air, gemulai, dan lincah.

7. Garis Gabungan

Macam-macam garis dalam seni rupa ternyata dapat digabungkan, sehingga disebut sebagai garis gabungan.

Yang menjadi perhatian adalah garis ini jauh lebih kompleks daripada garis-garis lainnya karena dipadukan oleh beberapa unsur garis. Misalnya, perpaduan antara garis zigzag dengan garis lengkungan, ataupun garis berombak dengan garis diagonal.

Demikian penjelasan mengenai garis yang bersudut dapat menciptakan kesan tajam lengkap dengan uraian jenis-jenis garis beserta karakteristiknya.

Tag : #seni rupa    #menggambar    #pendidikan    #garis    #kesan   

Baca Juga