Presiden AS Joe Biden akhiri masa isolasi COVID setelah dua kali tes menunjukkan hasil negatif (Foto: STEFANI REYNOLDS / AFP)

Gedung Putih Pastikan Kondisi Joe Biden Sudah Negatif Covid-19

Wulan | Internasional | 28-07-2022

PARBOABOA, Jakarta – Tim Dokter Gedung Putih saat ini memastikan Presiden AS Joe Biden sudah negatif covid-19 dan tidak perlu lagi menjalani isolasi. Kepastian ini mereka sampaikan berdasarkan dua hasil tes covid terakhir dan pulihnya kondisi Biden belakangan ini.

"Kemarin malam dan kemudian pagi ini, Beliau sudah tes covid. Hasilnya, ia sudah negatif covid dengan pengujian antigen," tulis dokter kepresidenan Kevin O'Connor pada Rabu (27/7/2022).

"Mengingat faktor-faktor yang meyakinkan ini, Presiden akan menghentikan isolasi ketatnya," tambahnya.

O’Conner juga melaporkan kondisi paru-paru Biden tetap bersih serta denyut nadi, tekanan darah, dan laju pernapasannya normal. Tertulis dalam memorandum itu, Biden terus menggunakan terapi antivirus Paxlovid dan tidak mengalami gejala sesak napas.

Dikutip VOA, pejabat kesehatan yakin Biden tertular varian BA.5 omicron. Dr. Ashish Jha, koordinator penanggapan virus corona Gedung Putih, mengatakan varian BA.5 kini merupakan penyebab dari 75 sampai 80 persen kasus Covid-19 yang tercatat di AS.

Seperti diketahui, Biden telah menjalani isolasi di Gedung Putih sejak ia dinyatakan positif terjangkit Covid-19 pada Kamis (21/7/2022) lalu.

Biden yang menerima vaskin penuh dan telah menerima suntikan booster sebanyak dua kali, menderita gejala ringan dalam lima hari terakhir, termasuk hidung yang tersumbat dan suaranya berubah.

Biden sendiri awalnya dijadwalkan melakukan perjalanan ke Wilkes-Barre, Pennsylvania, pada Kamis (21/7/2022) untuk pidato tentang pencegahan kejahatan, diikuti oleh penggalangan dana Komite Nasional Demokrat di Philadelphia.

Pada Senin (24/7/2022) berikutnya, ia juga dijadwalkan melakukan perjalanan ke Orlando, Tampa, dan Florida. Namun, karena terpapar Covid-19, dirinya harus menjalani isolasi di Gedung Putih.

Adapun tes Covid-19 yang dilakukan Ibu Negara Jill Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris, pada Senin, menunjukkan hasil negatif. Diketahui, saat Biden tengah menjalani isolasi, Jill Biden sementara waktu tinggal di rumah keluarganya yang berada di Delaware.

Tag : #joe biden    #covid19    #internasional    #presiden as    #gedung putih    #kevin oconner    #jill biden    #joe biden negatif covid19   

Baca Juga