Portugal bersiap menghadapi gelombang panas dengan suhu mencapai 43 derajat Celsius. AP

Suhu Panas, Kekeringan, dan Kebakaran Hutan Ancam Portugal

Dion | Internasional | 08-07-2022

PARBOABOA, Lisbon - Portugal dilaporkan sedang bersiap menghadapi gelombang panas dengan suhu mencapai 43 derajat Celsius di sejumlah wilayah pada pekan ini. Kondisi tersebut semakin memperburuk kekeringan yang lebih dahulu melanda. 

Dilansir Associated Press, Jumat (8/7/2022), Departmen Perlindungan Sipil pada Kamis telah menyiagakan petugasnya untuk bersiap menghadapi risiko kebakaran hutan. 

Menurut otoritas setempat, sepertiga negara menghadapi risiko kebakaran hutan ekstrem. Tingginya suhu udara diperkirakan berlangsung selama sepekan. 

Badan Cuaca Nasional (IPMA) mengatakan, suhu udara akan tetap berada di atas 20 derajat Celsius pada malam hari. 

Pemerintah akan menempatkan negara dalam kondisi siaga terhadap kebakaran hutan mulai Jumat waktu setempat. 

Langkah itu membuat pemerintah dapat melarang warganya untuk menyalakan kembang api dan api unggun dalam festival musim panas. 

Menurut hasil penelitian, lebih dari separuh kebakaran hutan di Portugal  terjadi karena kelalaian manusia. 

Cuaca panas datang di saat Portugal sedang dilanda kekeringan. Pada akhir Juni, 96 persen wilayah di negara itu berada dalam kategori kekeringan "ekstrem" atau "parah", dua kategori tertinggi. 

IPMA mengatakan jika sejak Oktober tahun lalu curah hujan hanya turun setengah dari rata-rata dan menjadi yang terendah sejak tahun 1931.

Gelombang panas dan kekeringan biasa terjadi di Portugal, tetapi ilmuwan cuaca mengatakan wilayah Eropa selatan bakal dilanda suhu tinggi dan minim curah hujan sebagai akibat dari pemanasan global. 

Di saat cuaca kering ekstrem melanda Mediterania, pejabat Uni Eropa pada Kamis mengatakan bahwa benua itu menghadapi tahun-tahun terburuk akibat bencana alam seperti kekeringan dan kebakaran hutan karena semakin meningkatnya perubahan iklim. 

Spanyol, negara tetangga Portugal, mengalami kekeringan dengan curah hujan setengah dari rata-rata dalam 30 tahun terakhir. 

Sedangkan cadangan air hanya memiliki kapasitas rata-rata 45 persen --20 persen lebih rendah dari rata-rata 10 tahun-- menurut data pemerintah. 

Sementara Italia saat ini sedang dilanda gelombang panas berkepanjangan serta mengalami kekeringan terburuk dalam 70 tahun terakhir. 

Tag : #portugal    #gelombang panas    #internasional    #kekeringan    #kebakaran   

Baca Juga