Gempa magnitudo 4,2 yang terjadi di Pinongsari-Sibolga, Kamis (2/6/2022) (https://warning2.bmkg.go.id)

Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Wilayah Pinongsari Tapteng-Sibolga

Wulan | Nasional | 02-06-2022

PARBOABOA, Tapanuli Tengah – Gempa berkekuatan magnitudo 4,2 mengguncang wilayah Pinongsari-Sibolga, Sumatera Utara pada Kamis (2/6/2022) sekitar pukul 07:26:40 WIB.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Darmawan mengatakan episenter terletak pada koordinat 1.66 LU dan 99.18 BT, atau lebih tepatnya berada di darat dengan jarak 12 km Barat Laut Tapanuli Selatan Sumut pada kedalaman 2 kilometer.

"Hingga pukul 07:55 WIB, hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," ujarnya.

Berdasarkan laporan dari masyarakat setempat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pinongsari – Sibolga dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata di dalam dan di luar rumah , gerabah pecah, jendela/ pintu berderik dan terasa getaran seakan-akan ada truk yang berlalu).

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," paparnya.

Dengan demikian, BMKG memperingatkan adanya potensi gempa susulan dan menghimbau agar masyarakat untuk tidak percaya dengan isu-isu gempa yang beredar seperti tsunami.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya.

Tag : #gempa    #tapanuli tengah    #nasional    #bmkg    #sibolga    #pinongsari    #sumatera utara    #gempa m 4    #2 guncang tapanuli tengah   

Baca Juga