Hidup di Era Serba Digital, Ini Pengertian dan Karakteristik Generasi Z

Penulis : Wulan | Pendidikan | 21-01-2023

Pengertian, ciri-ciri dan karakteristik generasi z (Foto: Parboaboa/WulandHarahap)

PARBOABOA – Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, tentunya kita sering mendengar istilah-baru yang trending seperti generasi milenial dan generasi z. Istilah-istilah itu merupakan sebutan untuk generasi manusia di dalam kehidupan saat ini.

Meskipun sama-sama terlahir sebagai manusia, tetapi setiap generasi pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hal itu disebabkan oleh pengaruh perkembangan zaman yang ada.

Di antara generasi yang ada, generasi z adalah generasi yang saat ini sedang dalam masa perkembangan. Lantas, apa itu generasi z? Berikut ini Parboaboa sajikan penjelasan tentang generasi z lengkap dengan ciri-cirinya.

Pengertian Generasi Z

Gen Z atau generasi z adalah seluruh generasi yang lahir setelah generasi Y. orang-orang yang termasuk ke dalam generasi ini adalah orang-orang yang lahir mulai tahun 1996 hingga 2012. Artinya, generasi z bisa juga disebut sebagai i-Generation atau generasi internet.

Sebutan itu terinspirasi dari nama-nama produk teknologi terkemuka di dunia, yakni Apple. Jadi, i-Generation berarti generasi internet yang memanfaatkan internet dan teknologi untuk menjalani kehidupan.

Gen z memiliki keunggulan yakni mampu melakukan multitasking alias bisa melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu, misalnya menggunakan komputer, memainkan sosial media, dan mendengarkan musik dalam satu waktu yang sama. Hal itu dikarenakan generasi z sudah menjumpai teknologi sejak lahir sehingga mampu mengaplikasikan teknologi dengan maksimal.

Pengertian Generasi Z Menurut Para Ahli

Ada beberapa pendapat berbeda tentang kapan gen z dimulai. Statistics Canada mengungkapkan bahwa gen Z dimulai dari tahun 1993, sedangkan Yayasan Resolution mengungkapkan bahwa gen z ini dimulai dari tahun 2000.

Berbeda dari kedua ahli di atas, Pew Statistics mengungkapkan bahwa generasi z dimulai dari tahun lahir 1997. Namun, sebenarnya kapanpun generasi z ini dimulai, mereka semua adalah kelompok yang masih sangat muda. Di mana generasi ini juga tidak pernah mengenal kehidupan tanpa adanya internet atau teknologi canggih seperti sekarang ini.

Sehingga, bisa dikatakan bahwa generasi z adalah generasi i-Gen dengan ciri-ciri seperti ambisius, percaya dirim dan juga digital native. Di bawah ini adalah beberapa karakteristik generasi z

Karakteristik Generasi Z

Mengulik informasi tentang gen z tentu menjadi hal yang sangat menarik. Berikut ini beberapa ciri-ciri generasi z yang wajib untuk kamu ketahui.

1. Melek Teknologi

Salah satu ciri-ciri generasi z adalah melek atau lebih terbuka dengan perkembangan teknologi. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, generasi z adalah generasi yang lebih melek teknologi. Sehingga, mereka bisa dengan mudah menjelajahi dunia internet guna memperoleh informasi yang diperlukan.

2. Lebih Suka Bersosialisasi

Meskipun generasi ini melek teknologi, sebenarnya mereka lebih suka bersosialisasi daripada generasi milenial. Gen z cenderung lebih suka nongkrong atau bertukar pesan melalui media sosial atau chatting. Hal tersebutlah yang membuat adanya perbedaan generasi milenial dan generasi z.

3. Cocok Belajar di Start Up

Perusahaan rintisan atau start up sangat cocok dijadikan tempat belajar bagi generasi z. Generasi ini bisa dikatakan suka dan cocok untuk bekerja di perusahaan start up karena masih mempunyai ruang untuk mereka belajar dan berkembang.

Selain itu, perusahaan start up juga banyak melakukan pekerjaan sekaligus, memiliki banyak tantangan sebagai ajang aktulisasi diri, serta membutuhkan kreativitas.

4. Cepat Belajar

Generasi z dan ciri-ciri selanjutnya adalah cepat belajar, sebab banyak akses informasi yang terbuka luas saat ini. Sehingga gen z lebih cepat belajar daripada generasi yang sebelumnya. Generasi ini juga bisa mempelajari informasi hanya dengan lewat internet, yang mana terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Karakteristik Generasi Z

Hubungan gen z dengan orang lain merupakan hal yang paling penting. Keterbukaan generasi z dalam menerima berbagai pandangan serta pola pikir, menjadikan mereka mudah menerima perbedaan dan keragaman pandangan terhadap sebauh hal.

Kesenjangan keterampilan sangat mungkin terjadi pada generasi z. Sehingga, untuk meneruskan keterampilan dari generasi sebelumnya harus dilakukan secara intensif. Misalnya, transfer budaya kerja, berpikir secara kritis, keterampilan teknis, dan komunikasi interpersonal.

Media sosial menjadi sebuah gambaran mengenai masa depan dari generasi z. generasi z adalah generasi yang tidak pernah mengenal dunia atau terasing dari hadirnya orang lain. Adanya media sosial semakin menegaskan bahwa seseorang tidak bisa berbicara kapan pun, dimana pun, dan dengan siapapun.

Pengalaman menjelajah secara geografi menjadi sangat terbatas, sebab genarasi z terbiasa dengan koneksi melalui tempat secara virtual yakni internet. Meskipun begitu, mudahnya terkoneksi dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia secara virtual, menjadikan genarasi z mempunyai pola pikir global.

Generasi Z di Indonesia

Populasi generasi z Indonesia ternyata ada sangat banyak. Berdasarkan hasil sensus penduduk BPS tahun 2020 lalu, menyebutkan bahwa ada 74,93 juta generasi z di Indonesia atau sekitar 27,94% dari total penduduk Indonesia.

Gen z saat ini diperkirakan berusia 8-23 tahun. Sebagaian besar gen z belum masuk usia produktif, namun diketahui sekitar tujuh tahun yang akan datang, mereka akan masuk ke usia produktif. Dari kondisi inilah yang menyebabkan Indonesia memiliki bonus demografi.

Agar generasi z memberikan peran besar untuk kemajuan bangsa, maka harus ada strategi untuk membentuk generasi muda ini. setidaknya ada lima kunci yang akan membentuk gen z, seperti:

1. Pengawasan penggunaan media sosial

2. Membatasi komunikasi dengan orang lain

3. Mencegah kesenjangan keterampilan

4. Mendukung pola pikir global dan realitas lokal

5. Membantu menemukan identitas diri

Demikian penjelasan mengenai generasi Z mulai dari pengertian, ciri-ciri, hingga karakteristiknya. Untuk memperkuat dan meningkatkan perkembangan gen Z ini, tentu diperlukan pendidikan terkini dan modern. Semoga bermanfaat!

Editor : -

Tag : #generasi z    #arti    #pendidikan    #pengertian generasi z    #generasi z menurut para ahli    #karakteristik gen z   

Baca Juga