Salah satu Gereja terbesar di dunia, St. Peter’s Basilica yang berada di kota Vatican (dok: wikipedia.org)

7 Gereja Terbesar di Dunia, Ada yang Bisa Menampung Hingga 60.000 Orang!

Wulan | Internasional | 22-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Gereja merupakan sebuah tempat yang dipergunakan untuk beribadah bagi umat Kristiani. Gereja sendiri dibangun dengan konsep yang megah dan luas agar bisa menampung seluruh umat yang datang untuk beribadah.

Di dunia ini ada banyak sekali bangunan gereja megah dan besar dari peninggalan masa lalu. Salah satunya adalah bangunan gereja peninggalan sejarah yang didirikan dengan arsitektur bangunan yang besar dan luas. Peninggalan tersebut masih terawat dan digunakan sampai saat ini.

Karena kemegahan itulah sering kali desain dari sebuah gereja membuat siapapun yang melihatnya merasa takjub. Bahkan, menjadi salah satu tujuan pariwisata para wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Tahukah kamu jika ada bangunan gereja terbesar di seluruh dunia? Bangunan gereja ini mewakili gaya arsitektur yang mengesankan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada 5 gereja terbesar di dunia yang telah dirangkum Parboaboa.

1. St. Peter’s Basilica (Vatican City)

St. Peter’s Basilica adalah gereja terbesar di dunia yang pernah ada. Gereja yang terletak di Roma, Italia ini memiliki panjang 730 kaki (220 meter) dan lebar 500 kaki (150 meter). Gereja ini memiliki bagian terbesar dari setiap gereja yang ada di dunia dan bisa menampung hingga 60.000 orang.

Gereja yang bergaya arsitektur renaissance dan baroque ini menjadi salah satu situs umat Kristiani yang paling suci dan terbesar di antara semua gereja-gereja yang ada. Dibangun dari 1506 sampai 1626 dengan Michelangelo di anatar para arsitek. Gedung ini secara resmi dikenal dalam bahasa Italia sebagai Basilica di San Pietro in Vaticano. Selain tempat untuk beribadah, gereja ini juga difungsikan sebagai tempat ziarah.

2. Cathedral of Seville (Spain)

Gereja Cathedral of Seville memiliki nama lain yakni Catedral de Santa Maria de la Sede (Cathedral of Saint Mary of the See). Gereja ini diklaim oleh beberapa pihak sebagai katedral Gothic terbesar didunia. Pembangunan gereja ini dimulai pada 1402 dan berlanjut sampai abad ke-16. Luas wilayah gereja ini juga sangat besar yakni mencakup 11.520 meter persegi. Agar lebih terlihat megah dan menakjubkan, arsitek Kristen kemudian menambahkan dimensi ekstra tinggi pada bangunan ini.

3. Basilica of the National Shrine of Our Lady of Aparecida (Brazil)

Versi baru gereja Basilica of the National Shrine of Our Lady of Aparecida dibangun pada 1955 dan didesain dalam bentuk yang sama seperti salib Yunani. Gereja ini memiliki panjang 173 eter (567 kaki) dan lebar 168 meter (551 kaki) serta bisa menampung hingga 45.000 orang. Paus Yohanes Paul II menamakan gereja ini the most important National Marian Shrine in Brazil. Gereja ini dinyatakan secara resmi sebagai “the largest Marian Temple in the World” pada 1984.

4. Cathedral of Saint John the Divine (United States)

The Cathedral Church of Saint John the Divine terletak di kota dan Keuskupan New York diklaim sebagai yang terbesar dan Aglikan Gereja serta masuk kedalam daftar gereja termegah dan terbesar di dunia. Gereja ini memiliki panjang 183,2 meter (601 kaki) dan lebar 70.7 meter (232 kaki). The Cathedral Church of Saint John the Divine awalnya dirancang sebagai Bizantium-Romawi tetapi lama kelamaan diubah menjadi Gothic. Pada tahun 2001 silam, sebuah kebakaran besar pernah terjadi yang menyebabkan kerusakan bangunan pada gereja ini. Akan tetapi setelah tragedi tersebut, konstruksi dan pemulihan masih tetap berjalan hingga kini dan mendapat nama julukan yaitu St Yohanes Unfinished.

5. Liverpool Cathedral (United Kingdom)

The Cathedral Church of Christ di Liverpool yang berada di Inggris menjadi gereja Katedral terbesar kelima di dunia. Gereja ini memiliki area yang luas dengan total 103.334 kaki persegi (9.600 meter persegi) dan bahan bangunan utama yang terbuat dari batu pasir. Selain menjadi gereja katedral terbesar di dunia, gereja ini juga mempunyai lonceng yang bernama Bartlett Bells. Lonceng ini menjadi lonceng terbesar dan tertinggi di dunia yaitu 219 kaki dan beratnya mencapai 31 ton lho, guys!

6. Cologne Cathedral (Jerman)

Gereja ini merupakan gereja Katolik roman yang memiliki gaya gothic yang indah. Untuk pembangunannya, gereja terbesar di dunia ini didirikan dari tahun 1248 hingga 1472. Namun pada tahun 1472 ada beberapa hal yang terjadi membuat pembangunan dari gereja ini harus diberhentikan.

Kemudian pembangunan dari Gereja Cologne Cathedral ini dilanjutkan pada tahun 2842 hingga 1880. Setelah itulah pembangunan gereja ini dimulai lagi pada tahun 1950an hingga saat ini.

7. Gereja Las Lajas Sanctuary (Kolombia)

Gereja Las Lajas Sanctuary juga memiliki gaya arstitektur gothic. Bangunan yang megah ini diperkirakan dibangun pada tahun 1916 hingga 1949. Untuk fungsinya, gereja ini merupakan sebuah bangunan yang fungsikan sebagai tempat Romawi Katolik. Nama lain dari gereja ini diambil dari nama salah satu batu sedimen yang memiliki permukaan datar.

Tag : #terbesar    #gereja terbesar di dunia    #internasional    #st peters basilica    #cathedral of seville    #liverpool cathedral   

Baca Juga