aplikasi tiktok

Gimana Nih? Tik Tok Hapus 7 Juta Akun Anak-Anak

sondang | Teknologi | 02-07-2021

Platform berbagi video musik asal China, TikTok, menghapus hampir 7,3 juta akun dari aplikasinya pada kuartal pertama (Q1) 2021. Akun-akun tersebut dihapus karena diduga milik anak di bawah umur. Aplikasi besutan ByteDance ini mengatakan jutaan akun yang dihapus hanya mencakup kurang dari 1% dari jumlah pengguna globalnya. Secara total, mereka menghapus lebih dari 11 juta akun yang melanggar pedoman dan aturan TikTok di Q1 2021.

Anak-anak berusia 13 tahun ke atas diperbolehkan menggunakan media sosial populer tersebut. Ini pertama kalinya TikTok menerbitkan angka-angka seperti itu dalam laporan penegakan pedoman penggunaan platform tersebut. Meski anak-anak berusia 13 tahun ke atas diperbolehkan menggunakan platform populer ini, TikTok menekankan mereka telah memperkenalkan beberapa langkah untuk melindungi remaja di platform mereka. Salah satunya membatasi fitur seperti perpesanan pribadi dan streaming langsung untuk pengguna berusia 16 tahun ke atas.

Dalam laporannya, sebagaimana dilansir BBC International, TikTok mengatakan total jumlah profile tersebut menyumbang kurang dari 1% pengguna globalnya. "Detail tentang pengguna di bawah umur akan membantu industri mendorong transparansi dan akuntabilitas seputar keselamatan pengguna," kata pihak TikTok dalam laporan tersebut, Kamis (1/7/2021).

TikTok juga melaporkan telah menghapus lebih dari 61 juta video yang melanggar aturan. 82% di antaranya langsung dihapus sebelum ada yang menonton, 91% dihapus sebelum dilaporkan oleh pengguna, dan 93% dihapus dalam waktu 24 jam setelah diunggah.

Laporan ini diterbitkan di tengah kekhawatiran tentang berapa banyak anak di bawah umur yang menggunakan TikTok. Pada bulan Agustus, New York Times melaporkan bahwa sepertiga dari jumlah pengguna TikTok di Amerika Serikat berusia 14 tahun ke bawah.Tiktok pun mengenalkan sederet kebijakan baru untuk menjaga keamanan penggunanya yang berusia remaja. Akun pengguna yang berusia di bawah 16 tahun secara otomatis diatur menjadi private, dan tidak bisa mengakses beberapa fitur seperti mengirim pesan dan livestreaming.

Tag : #internasional    #nasional    #hiburan   

Baca Juga