Airlangga Hartarto, Zulkifli hasan, dan Suharso Monoarfa bangun koalisi gagasan di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5) malam (dok:republika.co.id)

Jelang Pemilu 2024, Golkar, PAN dan PPP Bangun Koalisi Gagasan

Dimas | Politik | 13-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Naisonal (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah sepakat membangun koalisi gagasan menjelang Pemilu 2024.

Kesepakatan membangun koalisi gagasan itu terbentuk usai tiga ketua umum dari partai politik tersebut, yakni Airlangga Hartarto (Golkar), Zulkifli Hasan (PAN) dan Suharsono Monoarfa (PPP)  melakukan pertemuan di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5) malam.

Setelah pertemuan yang berlangsung selama dua jam itu selesai, ketiga ketua umum tersebut lantas memberikan beberapa pernyataan kepada awak media.

Menurut Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, ketiga partai siap untuk mengawal agenda politik hingga masuk pada Pemilu 2024 mendatang.

"Ini merupakan kumpulan pengalaman bersama dan tentunya kita akan bekerja sama ke depan untuk mengawal agenda-agenda politik ke depan, termasuk dalam pemilu nanti di 2024," kata Airlangga kepada wartawan, Kamis (12/5).

Airlangga pun menyebutkan, pihaknya siap berkoalisi dan dirinya telah instruksikan kepada para kadernya di daerah untuk menyamakan pandangan dengan PAN dan PPP. Ia pun mengatakan, pihaknya bersama PAN dan PPP juga telah membuat nama koalisi gagasan, yaitu ‘Bertiga Bersatu’.

"Bersatu itu sendiri adalah beringin, matahari, dan Baitullah, jadi Kakbah. Jadi pertemuan ini tentu diharapkan dengan matahari ini PAN bisa berjalan, dan pohon beringin semakin tumbuh. Dan juga pertemuan kerja sama ini adalah yang diridhoi oleh Allah SWT," ucap Airlangga.

Senada dengan Airlangga, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau akrab disapa Zulhas mengatakan, koalisi Golkar, PAN dan PPP adalah tentang gagasan. Menurutnya, tujuan dari terbangunnya koalisi itu untuk mewujudkan gagasan besar pembangunan Indonesia melalui kebersamaan.

"Kami sepakat membangun koalisi gagasan. Koalisi untuk membangun Indonesia dengan pikiran, dengan nilai, dengan semangat, dan impian-impian besar. Tentu untuk mewujudkannya perlu kebersamaan," kata Zulkifli dalam keterangan tertulis, Kamis (12/5/2022).

Sementara itu, Ketua Umum PPP Suharso Moarfa mengatakan, adanya pertemuan atau koalisi ini bertujuan untuk menunjukkan dan mendemonstrasikan sebuah kerja sama yang lebih awal serta apik antar sesama parpol.

"Kita ingin menunjukkan atau mendemonstrasikan sebuah kerja sama yang jauh lebih awal dan lebih cantik antarsesama partai politik untuk saling mengisi dan saling memperkuat kebersamaan kita," kata Suharso.

Meski begitu, Airlangga, Zulkifli dan Suharso masih enggan membuka suara mengenai calon presiden (Capres) yang bakal diusung ketiga parpol pada Pemilu 2024 mendatang.

Tag : #pemilu 2024    #koalisi    #politik    #koalisi bertiga besatu    #golkar    #pan    #ppp    #airlangga hartarto    #zulkifli hasan    #suharso   

Baca Juga