Ilustrasi, foto: Wowkeren.com

Selamat Tinggal! Google Akan Matikan Hangouts November 2022

Wanovy | Teknologi | 29-06-2022

PARBOABOA - Belum lama ini, Google mengumumkan akan menghentikan layanan pesan Hangouts. Pengguna akan diarahkan untuk menggunakan aplikasi penggantinya, yaitu Google Chat. Aplikasi ini akan berhenti sepenuhnya pada November 2022.

Google Hangouts adalah salah satu aplikasi dari jajaran aplikasi pesan Google. Mulanya Hangouts adalah fitur dari aplikasi Google+, namun kemudian menjadi aplikasi sendiri. Google+ sendiri diberhentikan pada 2019 lalu.

Pengguna Google Hangouts di web akan mulai diarahkan ke chat per Juli 2022, dan sama seperti aplikasi, akan berhenti per November.

Hangouts ini biasa digunakan untuk mengirim pesan ke pengguna Google lain secara online. Tidak hanya pesan, tapi Hangouts juga bisa melakukan panggilan video dan siaran video conference.

Dengan Google Hangouts, pengguna dapat melakukan panggilan video langsung dengan banyak orang.

Dengan user interface yang terbilang cukup sederhana, Google Hangouts juga tersedia di iOS, Android, maupun web browser. Namun sayangnya, Google menganggap Hangouts tidak mendapatkan traksi yang tinggi.

Sekarang, Google sudah mulai proses untuk migrasi pengguna Hangouts ke Chat. Demikian disampaikan Google lewat blog resminya.

Dalam pengumuman yang diunggah di blognya, Google mengatakan orang yang masih menggunakan aplikasi seluler Hangouts akan mendapatkan permintaan untuk pindah ke Google Chat.

"Kami terus berinvestasi di Chat untuk membantu orang-orang berkolaborasi lebih baik dan mengekspresikan dirinya. Sekarang, kami mengambil langkah untuk membantu sisa pengguna Hangouts bermigrasi ke Chat," tulis Google dalam pengumuman tersebut.

Mengutip suara.com, adapun pengguna yang menggunakan Hangouts di Gmail di web, Google mengatakan, tidak akan mulai meminta pengguna untuk beralih ke Chat hingga Juli mendatang.

Hangouts akan tetap dapat digunakan di situs desktopnya hingga November mendatang dan Google mengatakan akan memperingatkan pengguna "setidaknya satu bulan" sebelumnya sebelum mulai mengarahkan situs Hangouts ke Chat.

Google Chat sendiri tidak sama dengan GChat (atau Google Talk), yang dihentikan Google untuk selamanya awal bulan ini.

Disamping itu, perusahaan sebenarnya pertama kali mengisyaratkan rencananya untuk mentransisikan pengguna dari Hangouts ke Chat pada 2018 dan menjadikan fitur ini gratis untuk semua pengguna pada 2020.

Jika Anda masih menggunakan Hangouts, Google akan secara otomatis mentransfer percakapan yang ada ke Chat.

Perusahaan juga memberi Anda opsi untuk menggunakan layanan Takeout-nya untuk mengunduh salinan data Hangouts, sebelum secara resmi dihentikan pada November mendatang.

Untuk menarik pengguna agar beralih ke Chat, Google mengatakan, sedang meluncurkan beberapa fitur baru, termasuk kemampuan untuk melakukan panggilan langsung, membuat utas sebaris di Spaces, serta berbagi dan melihat banyak gambar.

Tag : #hangouts    #google    #apps    #teknologi    #chat    #android   

Baca Juga