Ilustrasi

Google Buat Fitur Arsipkan Aplikasi, Pengguna Bisa Hemat Memori Penyimpanan

Wanovy | Teknologi | 12-03-2022

PARBOABOA - Google mengumumkan bahwa pengguna Android akan segera dapat menyimpan aplikasi dalam folder arsip, alih-alih menghapusnya sama sekali dari perangkat.

Metode ini diklaim mampu menghemat ruang penyimpanan aplikasi hingga 60 persen.

Menurut Google, pengarsipan merupakan fungsionalitas baru yang akan memungkinkan pengguna mengklaim kembali 60 persen ruang penyimpanan aplikasi temporer dengan menghapus bagian dari aplikasi, alih-alih melakukan uninstal secara keseluruhan.

Mengutip Ubergizmo, Google menyebut bahwa aplikasi yang diarsipkan akan tetap berada di perangkat dan dapat dengan mudah dikembalikan ke versi kompatibel terbaru yang tersedia, sembari menjaga data pengguna.

Yang terpenting, Google mengatakan data pribadi pengguna tidak akan terpengaruh oleh tindakan tersebut. Fitur ini rencananya akan tersedia pada akhir tahun 2022.

Fitur ini bekerja dengan membuat jenis APK baru (Paket Android) yang disebut APK yang diarsipkan. APK yang diarsipkan jauh lebih kecil dan menyimpan semua data hingga pengguna memulihkannya dan kembali ke ukuran aslinya, dalam hal ini menggunakan aplikasi lagi.

Dengan fitur ini, proses pengarsipan dan pemulihan akan jauh lebih cepat daripada menginstal ulang aplikasi, dan kemungkinan akan mengkonsumsi lebih sedikit data seluler saat pengguna tidak menggunakan Wi-Fi.

“Setelah diluncurkan, pengarsipan akan memberikan manfaat besar bagi pengguna dan pengembang. Alih-alih mencopot pemasangan aplikasi, pengguna akan dapat mengarsipkannya, mengosongkan ruang sementara dan dapat mengaktifkan kembali aplikasi dengan cepat dan mudah,” kata Google.

“Pengembang dapat mengambil manfaat dari lebih sedikit pencopotan pemasangan dan gesekan yang jauh lebih rendah untuk mengklaim kembali dengan aplikasi favorit mereka.”

Belum rilis untuk publik, fitur APK yang diarsipkan akan tersedia untuk pengembang dengan rilis Bundletool 1.10.

Seperti sebelumnya, semua APK yang dihasilkan akan tersedia untuk diunduh dan diperiksa melalui Generated APKs API atau di Play Console pada App Bundle Explorer.

Karena bersifat open source, pengembang dapat memeriksa kodenya, dan toko aplikasi lain juga dapat mengambil manfaat darinya.

Tag : #google    #fitur    #aplikasi    #arsip aplikasi    #memori    #android   

Baca Juga