Ilustrasi

Platform Belajar Online, Google Cloud Skill Boost Resmi Diluncurkan

Wanovy | Teknologi | 14-10-2021

Google resmi meluncurkan Google Cloud Skills Boost, sebuah platform pembelajaran online, pengembangan keterampilan, dan sertifikasi yang terpusat.

Platform baru ini merupakan bentuk insisiatif Google untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) terhadap Google Cloud di tengah era transformasi digital seperti saat ini.

Berdasarkan survei, lebih dari 90 persen pemimpin IT mengatakan, ingin menumbuhkan lingkungan cloud mereka dalam beberapa tahun mendatang. Namun, lebih dari 80 persen dari mereka menyebutkan kurangnya keterampilan dan pengetahuan di antara karyawan sebagai penghambat pertumbuhan.

Melalui inisiatif baru ini, Google ingin menghilangkan hambatan bagi bisnis dan membantu menyukseskan karier para SDM di bidang cloud.

Sehingga dibutuhkan SDM yang memiliki keterampilan yang dapat menerapkan dan mengelola teknologi cloud skala besar, hingga pengembangan aplikasi, keamanan, serta arsitektur cloud.

Kurangnya keterampilan dan pengetahuan soal cloud pada SDM justru akan menjadi penghambat pertumbuhan layanan cloud dari perusahaan tersebut. Untuk meminimalisir hambatan tersebut, diluncurkanlah platform Google Cloud Skills Boost.

Lewat platform ini, pengguna akan dapat mempersonalisasi jalur pembelajaran, memantau progres, dan memvalidasi keterampilan baru mereka dengan badge Google Cloud Skills untuk ditunjukkan kepada perusahaan.

Platform ini dikelola langsung oleh Google Cloud, begitu pun dengan materi pembelajaran atau pelatihan yang disajikan.

Misalnya, ada pelatihan Getting Started with Google Kubernetes Engine (Mulai Menggunakan Google Kubernetes Engine), How Google Does Machine Learning (Cara Google Mengerjakan Machine Learning), Preparing for the Professional Cloud Architect Certification Exam (Bersiap untuk Ujian Sertifikasi Arsitek Cloud Profesional), dan banyak lagi.

"Google Cloud Skills Boost akan memberikan akses ke lebih dari 700 lab praktik, kursus berbasis peran, badge keahlian, dan materi sertifikasi, termasuk 16 jalur pembelajaran baru yang tersedia on-demand secara global," kata Google.

Pada saat peluncuran, konten masih tersedia dalam bahasa Inggris dan Jepang saja. Namun, bahasa lain akan segera didukung.

Teknologi cloud berinovasi dengan sangat cepat, tim Google pun akan terus memperbarui konten dan merilis lab serta kursus baru setiap bulan.

Karena merupakan platform pembelajaran online, pengguna harus melakukan pendaftaran dan membayar sejumlah biaya. Namun, sebagai perkenalan, Google memberikan akses gratis untuk satu bulan pertama, apabila pengguna melakukan pendaftaran Google Skills Boost hingga 6 November mendatang.

Pengguna yang mendaftar Google Cloud Skills Boost hingga 6 November, dapat mengakses konten secara gratis selama bulan pertama. Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs resmi Google Cloud.

Google Cloud Skills Boost menunjukkan komitmen besar dan jangka panjang Google Cloud untuk membekali generasi baru pemimpin dan inovator cloud dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengembangkan karier sekaligus mendukung transformasi digital di seluruh dunia.

Tag : #teknologi    #apps    #google    #cloud   

Baca Juga