Ilustrasi Linux

Google: Linux Lebih Aman dari Windows

Wanovy | Teknologi | 23-02-2022

PARBOABOA - Sebuah studi baru dari Google Project Zero menunjukkan bahwa sistem operasi Linux jauh lebih aman daripada Microsoft Windows dan macOS milik Apple. Ini bukan karena Linux secara inheren aman, sebaliknya, pengembang sistem operasi ini bekerja keras untuk memperbaiki dan menambal kelemahan keamanan.

Dari hasil penelitiannya, proyek Project Zero Google menunjukkan bahwa pengembang Linux lebih cepat daripada pengembang sistem operasi lain dalam hal waktu dalam memperbaiki bug keamanan.

Project Zero mempelajari kerentanan yang dilaporkan antara Januari 2019 dan Desember 2021. Mereka menemukan bahwa programmer open source memperbaiki masalah ini di Linux pusat, rata-rata hanya dalam 25 hari.

Mereka juga terus mempercepat proses penambalan kerentanan keamanan. Misalnya pada tahun 2019, proses penambalan kerentanan keamanan dilakukan dalam waktu satu bulan.

Namun kini, proses tersebut dapat diselesaikan hanya dalam waktu dua minggu. Dihimpun dari Gizchina, Rabu (23/2/2022), Linux lebih aman dibanding sistem operasi lain karena memiliki pengembang di seluruh dunia yang dapat meninjau kode dan memastikan tidak ada bug.

Sementara itu, Apple sebagai perusahaan pengembang macOS membutuhkan waktu sekitar 69 hari atau dua kali lipat dibanding Linux.

Untuk Windows, Microsoft membutuhkan waktu hampir 3 bulan untuk memperbaiki bug atau 3 kali lebih lama dibanding programmer Linux.

Riset itu juga menyebutkan Google dan Mozilla yang membutuhkan waktu masing-masing 44 dan 46 hari untuk memperbaiki bug. Secara umum Oracle menjadi perusahaan yang paling lama memperbaiki setiap bug dengan waktu rata-rata 109 hari.

Windows saat ini adalah sistem operasi paling populer untuk rumah dan kantor. Namun, waktu rata-rata yang dibutuhkan Microsoft untuk memperbaiki lubang keamanan adalah hampir 3 bulan.

Laporan tersebut juga menganalisis waktu yang dibutuhkan pengembang untuk memperbaiki lubang keamanan di sistem operasi seluler. Meskipun menghadapi lebih banyak ancaman keamanan, iOS merilis tambalan berkali-kali lebih cepat daripada Android.

Untuk diketahui, Project Zero adalah grup riset keamanan Google yang berspesialisasi dalam menemukan celah keamanan di berbagai platform. Setelah tim menemukan kerentanan, tim memberi pengembang 90 hari untuk memperbaiki masalah keamanan.

Secara keseluruhan, semua pengembang OS memperbaiki bug dengan lebih baik dan lebih cepat, kata para peneliti yang bekerja dalam tim, demikian dilansir dari Gizchina.

Tag : #linux    #windows    #os   

Baca Juga