Ilustrasi, foto: 95o5Google.com

Google Rilis Aplikasi Pindah Data iOS - Android

Wanovy | Teknologi | 16-04-2022

PARBOABOA - Apple sempat merilis aplikasi Move to iOS ke Play Store untuk membantu para pengguna Android beralih ke perangkat iOS. Kini Google akhirnya melakukan hal serupa.

Ya, mereka merilis aplikasi ‘Switch to Android’ ke App Store dan berharap para pengguna perangkat iOS bisa beralih ke perangkat Android dengan lebih cepat dan mudah.

Fokus utama aplikasi ini adalah membantu memindahkan data penting secara aman, cepat, dan mudah serta semuanya dilakukan secara nirkabel.

Sesuai namanya, aplikasi ini dapat memudahkan pengguna iPhone (iOS) mimindahkan datanya ke ponsel berbasis sistem operasi (OS) Android.

Jadi, pengguna iPhone bisa dengan mudah memindahkan data seperti kontak, kalender, foto, dan video ke ponsel Android barunya secara langsung dengan aplikasi ini.

Menurut laporan outlet media TechCrunch, meski sudah diluncurkan, aplikasi "Switch to Android" belum bisa ditemukan bila dicari di aplikasi Apple App Store atau dicari melalui pencarian Google.

Saat ini, pengguna iPhone di sejumlah negara baru bisa meng-install aplikasi "Switch to Android" melalui tautan URL yang spesifik.

Ketika coba diklik, pengguna iPhone di Indonesia juga sudah bisa meng-install aplikasi "Switch to Android" ini, seperti gambar di samping.

"Aplikasi Beralih ke Android dari Google membantu Anda dengan cepat dan aman memindahkan jenis data terpenting Anda – foto, video, kontak, dan acara kalender — ke perangkat Android baru tanpa kabel yang merepotkan," tulis deskripsi aplikasi Switch to Android di App Store.

Bila sudah diunduh, aplikasi akan meminta serangkaian izin sehingga data iPhone pengguna dapat dipindahkan ke perangkat Android baru pengguna.

Selanjutnya, pengguna iPhone tinggal memindai kode QR yang ada di perangkat Android barunya.

Setelah itu, pengguna tinggal mengikuti langkah-langkahnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BGR, Jumat (15/4/2022).

Mulai dari memilih data apa saja yang akan dipindahkan dari iPhone ke Android. Pilihannya ada kontak, kalender, foto, dan video.

Lalu, pengguna nantinya juga akan diminta untuk menonaktifkan aplikasi perpesanan instan bawaan iPhone, iMessage.

Nah, dengan adanya aplikasi "Switch to Android", pengguna tak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga atau mengunduh data dari Google Drive.

Tag : #switch to android    #apple    #ios    #android   

Baca Juga