Terumbu karang terbesar di dunia (www.belajarsampaimati.com)

5 Gugusan Terumbu Karang Terbesar di Dunia, Indah Sekaligus Menakjubkan

Wulan | Internasional | 21-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Sekitar 70% bagian di bumi kita merupakan wilayah lautan yang memiliki luas wilayah sekitar 361,1 juta km². Hal ini terjadi karena pada awalnya bumi memang terbentuk dan dikelilingi oleh lautan, sehingga bumi dikenal juga sebagai planet air.

Kemudian, laut diberbagai dunia ini dibagi menjadi 5 samudra, seperti Samudra Antartika, Samudra Arktik, Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Atlantik.

Samudra-samudra inilah yang menjadi tempat tinggal beraneka ragam organisme atau spesies-spesies unik yang dapat hidup di dalam laut, salah satunya adalah terumbu karang.

Hutan hujan di laut atau yang biasa kita sebut sebagai terumbu karang menduduki kurang dari 0,1 persen permukaan samudra di dunia. Terumbu karang yang ada di dunia ini memiliki keindahan yang menakjubkan, sehingga mengundang para wistawan khususnya pecinta olahraga snorkeling dan diving ingin melihat habitat laut yang hidup dikawasan terumbu karang.

Beberapa lokasi di Indonesia juga memiliki gugusan terumbu karang yang sangat indah dan menakjubkan, seperti di Raja Ampat, Labuan Bajo, dan Wakatobi. Jika dikasih kesempatan untuk berlibur ke luar negeri, kamu pastinya bisa menjelajahi keindahan gugusan Terumbu Karang terbesar di dunia. Apa aja ya kira-kira? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Great Barrier Reef (Australia)

Terumbu Karang Great Barrier Reef merupakan sistem terumbu karang terbesar di dunia dengan panjang 2.300 kilometer. Terumbu Karang Great Barrier Reef juga menjadi salah satu kekayaan alam terkenal yang dimiliki Australia sekaligus menjadi tempat tinggal bagi 1.600 spesies ikan, 411 spesies karang batu, dan 150 spesies karang lunak. Terdapat pula 30 spesies paus dan lumba-lumba, serta 6 dari 7 spesies penyu yang ada di dunia.

Terumbu Karang yang berada di Laut Koral, lepas pantai Queensland di daerah timur Australia ini terbentuk dari jutaan organisme tunggal terbesar di dunia yang dikenal dengan Polip Koral. Kekayaan akan biodiversitas, serta perainnya yang hangat dan jernih, dan keterjangkauan fasilitas terapung, ditambah dengan pemandangan yang menakjubkan di sekeliling perairan membuat tempat ini menjadi buruan wisatawan, terutama bagi para penyelam.

2. Terumbu Karang Laut Merah (Mesir)

Laut merah memang menjadi rumah yang abadi bagi salah satu terumbu karang terbesar di dunia. Selain menjadi rumah untuk terumbu karang, laut merah juga menjadi tempat yang sangat cocok untuk para wisatawan yang suka traveling lantaran menyimpan keindahan bawah laut yang tiada tara.

Selain itu, Terumbu Karang di laut merah ini diketahui usianya sudah mencapai 5.000 hingga 7.000 tahun yang terbentuk dari Acropora dan Porit. Terumbu Karang Laut Merah ini juga menjadi rumah bagi 300 spesies karang dan 1.200 spesies ikan, termasuk 44 spesies ikan hiu. Jika berkunjung ke tempat ini kamu akan menemukan beragam jenis terumbu karang di tengah Laut Merah dengan formasi berbeda dengan terumbu karang pada umumnya. Hal tersebut terjadi karena tingkat tektonik dilokasi ini berbeda.

3. New Caledonia Barrier Reef (Kaledonia Baru, Pasifik Selatan)

Gugusan Terumbu Karang New Caledonia Barrier Reef ini adalah karang penghalang ganda terbesar kedua di dunia dengan panjang 932 mil. Tahukah kamu? Tempat ini sangat terkenal dengan keindahan lautnya yang berwarna bitru dan cerah. Sistem Terumbu Karang New Caledonia Barrier Reef ini terletak di Samudra Pasifik, lebih tepatnya di dekat Pantai Timut Laut Australia.

Dari dokumentasi para peneliti, terdapat setidaknya 1.000 spesies ikan dan invertebrata yang menduduki Terumbu Karang ini. Salah satu hewan yang menduduki New Caledonia Barrier Reef adalah Penyu Hijau. Jika kamu datang dan menyelam di tempat ini, maka kamu akan dimanjakan dengan perairan laut yang begitu indah serta Terumbu Karang warna warni yang sangat cantik.

4. Mesoamerican Barrier Reef (Samudera Atlantik)

Selanjutnya, gugusan Terumbu Karang terbesar dengan pemandangan menakjubkan yang dimilikinya adalah Mesoamerican Barrier Reef. Terumbu karang yang satu ini terletak di perairan sepanjang 4 pantai, diantaranya Meksiko, Belize, Guatemala, dan Honduras. Terumbu Karang yang membentang lebih dari 1.126 km ini juga menjadi rumah bagi 65 spesies karang batu, 250 spesies moluska, dan lebih dari 500 spesies ikan. Bukan cuma itu saja, lokasi ini juga merupakan salah satu rumah bagi populasi manatee terbesar di dunia.

Lokasi ini banyak didatangi para wisatawan lantaran ingin melihat keindahan Mesoamerican Barrier Reef. Terlebih pemandangan deretan Terumbu Karang membentuk hutan belantara bawah laut dengan spesies ikan, penyu, dan hiu yang mengelilinginya.

5. Florida Rees (Florida)

Terumbu karang Florida yang membentang sepanjang 360 mil linier dari Taman Nasional Dry Tortugas, lebih tepatnya berada di sebelah barat Florida Keys hingga St. Lucie di Martin Country ini diketahui sudah berusia hampir 7.000 tahun. Terumbu karang ini menjadi satu-satunya terumbu karang penghalang yang tumbuh di Amerika Serikat dan merupakan sistem terumbu karang pengahalang terbesar di dunia. Sebanyak dua pertiga dari Terumbu karang Florida berada di Taman Nasional Biscayne dan Cagar Alam Laut Nasional Florida Keys. Selain itu, Florida Rees juga memiliki keindahan pemandangan menakjubkan yang bisa kamu temui di arah laut Key Largo.

Tag : #terbesar    #terumbu karang terbesar di dunia    #internasional    #great barrier reef    #terumbu karang laut merah   

Baca Juga