10 Gunung di Bogor dengan Pemandangan Yang Bikin Takjub, Cocok Bagi Pemula

Penulis : Wanovy | Travel | 23-12-2022

Gunung di Bogor/ Gunung Gede, foto: TribunWiki

PARBOABOA, Bogor - Ada beberapa gunung terpopuler di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang wajib dikunjungi para pendaki. Pun bisa menjadi destinasi wisata alternatif bagi siapa saja yang hendak mencari keindahan alam dan hawa sejuk.

Pasalnya, kawasan Kota Hujan ini terletak di dataran tinggi sehingga tidak mengherankan apabila udaranya sangat sejuk serta segar.

Menawarkan sensasi udara segar dan pemandangan indah, jalur pendakiannya pun beragam mulai dari sedang hingga sulit.

Saat bertandang ke Bogor, pastikan untuk membuat momen seru di puncak beberapa gunung di Bogor berikut bersama teman-teman.

1. Gunung Batu Jonggol

Gunung dengan ketinggiaan hanya sekira 875 mdpl ini terletak di Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

Dengan ketinggian tersebut, gunung di Bogor satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para pendaki pemula.

Gunung Batu Jonggol juga menawarkan pemandangan yang memanjakan mata dan bikin takjub, sehingga tempat wisata ini jadi favorit para pendaki.

2. Gunung Salak

Gunung Salak merupakan salah satu gunung di Bogor yang terkenal di kalangan pendaki maupun masyarakat awam. Gunung ini mempunyai beberapa puncak, sehingga dapat dikatakan usianya relatif tua.

Nama Salak sendiri bukan bermakna tanaman salak, namun diambil dari bahasa Sanskerta yaitu 'salaka' yang berarti perak. Gunung Salak dengan ketinggian 2.211 mdpl ini termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Salak Halimun.

Meskipun Gunung Salak termasuk gunung rendah, namun tingkat kesulitan pendakiannya cukup tinggi. Hal ini disebabkan karakteristik vegetasi serta medannya. Untuk menaklukan Gunung Salak dari Bogor, Anda bisa jalur trekking dari Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong.

3. Gunung Pancar

Kawasan gunung di Bogor yang satu ini memiliki tempat tersendiri di hati wisatawan. Mudah untuk menemukan spot foto instagramable dan tempat camping yang disediakan, dari yang termurah sampai mahal.

Banyaknya spot foto cantik menjadikan Gunung Pancar dipilih beberapa orang sebagai tempat shooting, foto prewedding, maupun buku tahunan sekolah.

Gunung yang terletak di Citeureup ini juga terkenal dengan pemandian air hangatnya, tiket masuknya terjangkau.

Karena wisata alam ini didominasi dengan bebatuan dan hutan, maka Anda bisa mempersiapkan sepatu outdoor, jaket, dan kupluk.

Untuk menuju kawasan wisata Gunung Pancar, dari Kebun Raya Bogor, Anda perlu mengambil jalur Jalan Raya Pajajaran. Jika sudah menemukan Jalan Gunung Pancar, ikuti jalannya sampai tiba di Jalan Cimandala di Karang Tengah, wisata Gunung Pancar berada di kanan jalan.

4. Gunung Gede

Rekomendasi gunung di Bogor berikutnya yang bisa Anda singgahi adalah Gunung Gede. Gunung ini memiliki nama yang berbeda-beda seperti Gunung Gedeh, Ageung atau Agung.

Secara geografis, gunung ini terletak di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Secara umum, Anda bisa menggunakan jalur pendakian Cibodas, Cimacan, dan Selabintana untuk mencapai puncak atau kawah Gunung Gede.

Selain Cibodas dan Selabintana, Anda bisa mendaki ke puncak gunung ini melalui Pacet, Hotel Warnasari, Bedogol. Namun, karena banyaknya kecelakaan, rute ini tidak direkomendasikan.

5. Gunung Pangrango

Perlu diketahui bahwa Gunung Pangrango masih dalam satu paket dengan Gunung Gedhe. Anda bahkan bisa menaiki Gunung Pangrango melalui Gunung Gede.

Yang membedakan Pangrango dari yang lain adalah memiliki puncak yang lebih tinggi yaitu sekitar 10.000 kaki (3.019 m) di atas permukaan laut.

Puncak Gunung Pangrango disebut Puncak Mandalawangi dan mengapit tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. Bahkan, Gunung Pangrango juga merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Gunung Ceremai.

6. Bukit Alesano

Berada di puncak Bukit Alesano membuat wisatawan bisa melihat pemandangan Kota Bogor dengan jelas. Pada malam hari, anda bisa melihat indahnya Kota Bogor yang tampak berkilau dari ketinggian dan anda juga akan melihat gugus bintang yang menghiasi langit dengan sangat indah.

Pemandangan alam yang mempesona menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak muda sehingga banyak dari mereka yang membawa dan mendirikan tenda di atas bukit untuk menikmati pemandangan alam dari sana.

7. Gunung Munara

Gunung yang terletak di sisi barat Kabupaten Bogor ini memiliki ketinggian 367 mdpl dan durasi pendakiannya hanya sekitar 1 hingga 1,5 jam saja.

Walaupun pendakiannya terbilang singkat, Gunung Munara memiliki jalur yang terjal dan berbatu yang tak kalah menantang dengan jalur pendakian di gunung-gunung lain yang lebih tinggi.

Dari puncak Gunung Munara, anda bisa melihat keindahan sawah hijau, pemukiman penduduk, dan juga tebing tebing yang ada di sekitarnya.

8. Gunung Bunder

Kawasan wisata yang merupakan bagian dari Taman Nasional Halimun Salak dan dikenal dengan nama Mount Bunder ini termasuk salah satu objek wisata antimainstream di Bogor.

Pepohonan yang tumbuh disekitarnya begitu rapat, sehingga sulit ditembus matahari.

Meski begitu, Mount Bunder di daerah Pamijahan ini menjadi salah satu tempat favorit warga Bogor untuk menghabiskan akhir pekan.

Cukup menempuh waktu sekitar 1,5 jam dari kota Jakarta, menjadi alasan kuat bagi warga ibukota untuk mengunjunginya. Ditambah lagi, di gunung Bunder ini banyak terdapat curug tersembunyi di Bogor.

9. Gunung Kencana

Berada di dekat Gede Pangarango, Gunung Kencana juga hadir sebagai salah satu desatinasi gunung di Bogor yang mengagumkan.

Dengan panorama yang tak kalah indah dari Bukit Geulis, membuatnya kerap dijadikan tujuan liburan oleh warga Jakarta.

Kencana sendiri terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kec. Cisarua. Ketinggiannya sekitar 1.802 mdpl dan memiliki trek yang cukup menantang.

10. Gunung Kapur

Gunung Kapur terletak di Cibadak, Ciampea, dan memiliki ketinggian 385 mdpl. Jika Anda gemar camping, maka Gunung Kapur bisa menjadi pilihan tepat untuk melakukan hobi tersebut.

Gunung ini juga memiliki beberapa spot cantik yang instagramable, seperti di Puncak Lalana serta Puncak Galau. Gunung Kapur Ciampea memiliki lahan unik yang dicor, terlihat seperti landasan helikopter yang dapat memuat kurang lebih 10 tenda.

Anda juga bisa mengunjungi beberapa gua yang ada di Gunung Kapur, salah satunya yang terpopuler adalah Gua Ac. Bukan itu saja, gunung ini masih memiliki kurang lebih 21 gua dengan keunikannya masing-masing.

Nah, itulah tadi beberapa gunung di Bogor yang cocok untuk pemula. Berani coba?

Editor : -

Tag : #wisata bogor    #bogor    #travel    #tempat wisata    #gunung di bogor    #jawa barat   

Baca Juga