Gunung Tertinggi di Indonesia (Dok:Hipwee)

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada Yang Hampir 5000 MDPL

Ester | Nasional | 26-04-2022

PARBOABOA – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan pulau dan sumber daya alam. Tidak hanya sebagai salah satu negara dengan pulau terbanyak, Indonesia juga sering disebut dengan negara dengan jumlah gunung terbanyak.

Setidaknya, ada lebih dari 400 gunung di Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Diantaranya terdapat 100 gunung yang masih aktif sampai saat ini.

Jika kamu adalah seseorang yang gemar mendaki gunung atau menyukai seputar alam, tahukah kamu gunung-gunung tertinggi di Indonesia saat ini? Ada 10 gunung di Indonesia yang dijuluki sebagai gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung apa sajakah itu? Berikut ini kami berikan ulasan mengenai 10 gunung tertinggi di Indonesia yang wajib kamu ketahui.

1. Punjak Jaya Wijaya, Papua

Gunung tertinggi di Indonesia yang pertama adalah Puncak Jaya Wijaya di Papua. Selain menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Jaya Wijaya juga termasuk ke dalam 7 puncak tertinggi di dunia. Dengan ketinggian 4.884 MDPL dan dikelilingi gletser Carstensz, kamu memerlukan keahlian khusus jika ingin mendaki gunung ini.

2. Puncak Mandala, Papua

Masih dari Papua, gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah puncak Mandala. Gunung ini berlokasi di provinsi Papua dengan ketinggian mencapai 4.760 MDPL. Mirip dengan Jaya Wijaya, Mandala juga masih diselimuti oleh gletser salju. Namun volumenya lebih sedikit karena pemanasan global yang terjadi.

3. Puncak Trikora, Papua

Selain Jaya Wijaya dan Mandala, masih ada lagi ternyata gunung tertinggi di Indonesia yang berasa; dari Papua. Puncak trikora merupakan 1 dari antara tiga gunung tertinggi di Indonesia yang berasal dari Papua. Puncak ini memiliki ketinggian 4.750 MDPL dan memiliki jalur pendakian yang lebih sulit dibandingkan dengan 2 gunung sebelumnya.

4. Gunung Kerinci, Jambi

Selanjutnya, kita masuk ke gunung tertinggi di Sumatera yaitu gunung Kerinci yang ada di Jambi, Sumatera Barat. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang sudah cukup populer di Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 3.805 MDPL, gunung ini kerap dijadikan salah satu lokasi pendakian favorit banyak orang.

5. Gunung Rinjani – NTB

Salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang berlokasi di NTB adalah gunung Rinjani. Gunung ini menjadi gunung tertinggi urutan kelima di Indonesia dnegan ketinggian 3.726 MDPL. Pendaki yang melakukan pendakian ke gunung ini pasti akan disuguhkan dengan pemandangan menakjubkan dari pulai Lombok dan kaldera seluas 3.500 x 4.800 m.

6. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung semeru adalah salah satu gunung tertinggi di Jawa. Dengan ketinggian mencapai 3.676 MDPL, gunung ini kerap dijadikan sebagai salah satu lokasi favorit untuk melakukan pendakian. Jika kamu adalah seorang pendaki semeru pasti tidak asing dengan kisah seorang aktivis pemuda Indonesia yang meninggal karena menghirup gas beracun Semeru yaitu Soe Hok Gie.

7. Gunung Sanggar, NTB

Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui gunung Sanggar. Gunung Sanggar adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Nusa Tenggara Barat. Gunung Sanggar memiliki ketinggian 3.492 MDPL dan masih berlokasi di Kawasan yang sama dengan gunung Rinjani.

8. Gunung Rantemario, Sulawesi Selatan

Gunung tertinggi di Indonesia yang kedelapan adalah gunung Rantemario yang berada di Sulawesi Selatan. Gunung ini memiliki ketinggi 3.478 MDPL dam terletak di daerah pegunungan Latimojong wilayah Tana Toraja. Keunikan yang dimiliki oleh gunung ini adalah, puncaknya cukup datar dan tidak securam gunung pada umumnya.

9. Gunung Rantekambola, Sulawesi Selatan

Gunung Rantekombola atau yang sering disebut dengan Bulu Rantekombala adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.455 MDPL. Jika kamu berhasil mendaki gunung yang satu ini, maka kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan seperti negeri di atas awan.

10. Gunung Slamet, Jawa Tengah

Gunung tertinggi di Indonesia yang terakhir adalah gunung slamet. Gunung ini berada di provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428. Gunung ini termasuk ke dalam salah satu gunung populer di Indonesia dan cukup sering dijadikan lokasi pendakian banyak orang.

Itulah 10 gunung tertinggi di Indonesia yang wajib kamu ketahui. Semoga ulasan kami dapat menambah wawasan kamu.

Tag : #gunung    #gunung tertinggi    #nasional    #jaya wijaya    #mandala    #trikora    #kerinci    #rinjani   

Baca Juga