Gunung Kerinci, Salah satu gunung tertingggi yang ada di Pulau Sumatera (pendakigunung.top)

7 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera, Ada yang Masih Berstatus Gunung Akitf!

Wulan | Nasional | 15-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Pulau Sumatera menyuguhkan sederet destinasi wisata alam yang rasanya tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Ada banyak jenis wisata alam yang bisa kita temukan disini.

Bagi kamu pecinta alam, khususnya para pendaki, di Pulau Sumatera ini juga terdapat banyak gunung yang bisa dijadikan pilihan untuk menyalurkan hobi olahraga ekstrem.

Ditambah lagi, sederet destinasi wisata gunung yang menyajikan keindahan alam yang eksotis dan mempesona.

Berikut 7 Gunung Tertinggi yang ada di Pulau Sumatera:

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci menjadi gunung paling tinggi di Sumatera dengan tinggi mencapai 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung berada di antara provinsi Sumatera Barat dan Jambi ini memiliki banyak nama lho, yaitu Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, hingga Puncak Indrapura.

Selain sebagai gunung tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci juga berstatus sebagai gunung aktif tertinggi di Indonesia, serta puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua.

Kawah gunung Kerinci memiliki luas 48.000 meter persegi di bagian puncaknya serta memiliki kedalaman sekitar 600 meter. Sampai saat ini, gunung tertinggi yang berada di Pulau Sumatera ini masih aktif dan terakhir meletus pada tahun 2009 lalu.

2. Gunung Leuser

Selanjutnya, gunung tertinggi di Pulau Sumatera adalah gunung Leuser. Gunung ini memiliki ketinggian 3.445 meter di atas permukaan laut. Diketahui, puncak gunung ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Puncak Loser setinggi 3.404 mdpl, Puncak Leuser 3.119 mdpl, dan Puncak Tanpa Nama setinggi 3.445 mdpl.

Adapun Taman Nasional Gunung Leuser ini didirikan pada tahun 1997, dan sudah menyandang status sebagai Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Sebanyak 65 persen dari 129 spesies mamalia besar dan kecil tersimpan dan dijaga di Taman Nasional Gunung Leuser.

Adapun empat spesies yang menjadi satwa kunci di taman nasional ini adalah Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Orangutan Sumatera, dan Badak Sumatera.

3. Gunung Dempo

Gunung yang berada di perbatasan Sumatera Utara dan Bengkulu ini menjadi gunung tertinggi ketiga yang berada di Pulau Sumatera. Ketinggian gunung berapi yang masih aktif ini adalah 3.159 mdpl.

Gunung Dempo juga dikenal sebagai kawasan penghasil kopi robusta yang populer di kota Pagaralam. Jika ingin mencoba keindahan alam disini, kamu harus menempuh tujuh jam perjalanan dari Palembang, Sumatera Selatan.

Selain itu, pengunjung juga bisa datang ke kebun teh Gunung Dempo, pendakian gunung, dan wisata di lereng gunung.

4. Gunung Bandahara

Gunung Bandahara terletak di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Ketinggian gunung ini juga tak kalah jauh dari ketinggian gunung lainnya yakni mencapai 3.030 meter diatas permukaan laut. Menakjubkannya, gunung Bandahara ini menjadi gunung tertinggi kedua di Aceh, setelah gunung Leuser di perbatasan Aceh dan Sumatera Selatan.

5. Gunung Talamau

Gunung tertinggi kelima yang terletak di Pulau Sumatera ialah gunung Talamau yang memiliki ketinggian mencapai 2.913 mdpl. Lokasi gunung ini berada di Kabupaten Pasaman barat, Sumatera Barat. Nah, untuk kamu yang ingin melihat sekaligus menikmati keindahan gunung ini bisa melewati jalur pendakian dari Desa Pinaga, hingga sampai ke posko yang berada di puncak Gunung Talamau. Selain itu, Gunung Talamau termasuk gunung tidak aktif, dan menjadi yang tertinggi sekaligus terberat di Sumatera Barat.

6. Gunung Geureudong

Gunung Geureudong yang berada Kabupaten Bener, Meriah, Aceh ini memiliki ketinggian mencapai 2.885 mdpl. Gunung ini masuk kedalam kategori tujuh gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Gunung Geureudong memiliki dua kerucut kawah vulkanik, yang masing-masing bernama Salah Nama dan Pepanji.

7. Gunung Singgalang

Gunung Singgalang adalah gunung yang terletak di Sumatera Barat. Diketahui, ketinggian gunung ini mencapai 2.877 mdpl. Gunung ini termasuk gunung tidak aktif yang berada di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu, gunung ini juga memiliki kawasan hutan gunung yang sangat lembap dan memiliki kandungan air yang sangat banyak.

Tag : #tertinggi    #gunung    #nasional    #pulau sumatera    #kerinci    #leuser    #dempo    #bandahara    #talamau    #geureudong    #singgalang   

Baca Juga