Ilustrasi Wisusd IPB.

Guru Besar IPB Beberkan Strategi Meraih Gelar Profesor di Usia Muda

Maraden | Pendidikan | 23-10-2021

PARBOABOA – Acara rutin bertajuk 'Professor Insight' yang diadakan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada kali ini membahas tema ‘kisah, perjuangan dan strategi menjadi seorang guru besar’.

Dalam forum di kampus yang seirng disebut IPB University itu dibahas bahwasanya seorang akademisi yang ingin menjadi Guru Besar perlu memiliki ijazah Doktor (S3) atau yang sederajat.

Namun tak hanya itu, agar bisa mendapatkan gelar profesor, seseorang perlu memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi.

Pada intinya dibutuhkan mindset kuat untuk meraih gelar profesor.  Untuk bisa memiliki gelar itu tidak bisa dicapai dalam waktu singkat. Gelar itu sangat membutuhkan perjuangan dan usaha hingga seorang akademisi bisa meraih gelar tertinggi di dunia akademik tersebut. Memiliki gelar profesor juga akan memiliki tanggung jawab terhadap bidang keilmuan yang didalami.

Rektor IPB University Prof. Arif Satria mengatakan, memiliki gelar profesor butuh proses panjangn dan mindset kuat dalam mencapainya. Menurutnya, yang paling penting adalah menjaga agar semangat itu tetap selalu ada.

"Dengan semangat dan keinginan yang kuat menjadi profesor, akan bisa memberikan semangat juga untuk yang lain," kata Rektor IPB University Prof Arif Satria dikutip dari laman resmi IPB, Sabtu (23/10/2021).

Rektor IPB menjelaskan dalam proses meraih gelar profesor, akan terjadi beragam dinamika dan juga persoalan. Menurut Arif hal itu adalah hal yang biasa.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan IPB Prof. Agus Purwito menambahkan bahwa guru besar itu bukanlah gelar, tetapi sebuah jabatan. Menurutnya, kenaikan pangkat itu adalah kewajiban sekaligus hak untuk dapat mengembangkan karier. Untuk memiliki jabatan guru besar harus diraih dengan proses yang tidak mudah. Jumlah guru besar di IPB University saat ini sudah ada 202 orang.

  • IPB Sediakan Instrumen Meraih Gelar Profesor  

IPB University berusaha semaksimal mungkin menyediakan instrumen-instrumen yang dapat memudahkan para dosen dalam proses meraih gelar profesor.

Seorang Pembicara yaitu Guru Besar Fakultas Peternakan IPB University, Prof. Anuraga Jayanegara mengungkapkan, yang terjadi selam ini seringkali para dosen hanya fokus pada tujuan, namun tidak matang dalam merencanakannya.

Prof. Anuraga juga memberikan tips sederhana, yaitu dalam kehidupan sehari-hari agar dapat mempermudah urusan orang lain, tidak berbuat dzalim atau berlaku tidak adil. Dengan begitu harapan segala urusan termasuk proses mencapai gelar profesor juga bisa dimudahkan. Menurutnya, meraih sesuatu di bidang akademik adalah skill yang dapat diraih dengan management yang baik.

"Dapat menulis jurnal adalah sebuah skill, bukan genetik. Kuncinya adalah keseimbangan baik akal, fisik, maupun mentalitas. Juga keseimbangan pada karier dan keluarga. Selain itu juga penting  melakukan time management yang baik," papar Prof. Anuraga.

Tag : pendidikan, ipb university, guru besar ipb, gelar profesor, civitas akademika

Berita Terkait