Guru SMPN 3 Batang Hari melakukan program podcast untuk proses pembelajaran digital.

Guru SMP Jambi Ini Melakukan Metode Pembelajaran Multimedia Dengan Program Podcast

Maraden | Pendidikan | 20-09-2021

PARBOABOA, Batang Hari – Kepala sekolah dan guru SMPN 3 Batang Hari, Jambi terus berinovasi dalam mengembangkan media bahan pengajaran. Para guru di sekolah tersebut mengembangkan program podcast untuk memudahkan guru dalam mentransfer ilmu kepada siswa melalui rekaman video.

Program podcast itu dibuat sebagai solusi dalam menjawab tantangan pembelajaran berbasis IT (Information Technology) yang dianggap salah satu hal terpenting saat kondisi dunia yang sedang menghadapai pandemi Covid-19.

Rahmini, kepala SMPN 3 Batang Hari, yang juga fasilitator Tanoto Foundation mengatakan, adanya kegiatan dalam bentuk podcast tersebut membuat guru semakin bersemangat dalam pengembangan tema-tema menarik untuk penyampaian ilmu antara guru dengan muridnya.

“Adanya podcast tersebut untuk menjangkau pembelajaran yang berkelanjutan dan relevan dengan kebutuhan era global,” ujar Rahmini, Sabtu, (18/9).

Pengelola sekaligus operator program podcast dan studio mini SMPN 3 Batang Hari, Hardi Opes Simbolon, mengatakan situasi pandemi Covid-19 yang terjadi pada saat ini membuat tenaga pengajar SMPN 3 Batang Hari berinisiatif untuk membentuk ruang multimedia dan studio mini agar dapat menunjang guru mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif lewat metoda podcast.

Studio mini dan ruang multimedia juga diperuntukan untuk siswa dalam melaksanakan ekstrakurikuler yang berbasis teknologi informasi seperti editing video, film making serta membuat konten bermamfaat seperti podcast dan song cover.

“Hadirnya studio mini yang memfasilitasi segmen multimedia di SMPN 3 Batang Hari ini diharapkan membuat peserta didik tidak bosan dan jenuh dengan metode dan media konvensional yang biasanya digunakan guru. Para guru juga dapat memanfaatkan ruang multimedia dan studio mini untuk membuat video materi pembelajaran dan juga melakukan live streaming pengajaran di platform digital seperti Facebook dan Youtube,” ujar Hardi.

Tag : #pendidikan    #batang hari jambi    #pembelajaran multimedia    #podcast    #teknologi informasi   

Baca Juga