Hah? Bunga Bisa Dimakan?

sondang | Selera Nusantara | 11-07-2021

Jenis bunga yang bisa dimakan atau edible flowers adalah istilah yang digunakan untuk beberapa jenis tanaman bunga yang bisa dan aman untuk dikonsumsi. Beberapa jenis bunga ini memiliki tekstur, rasa, serta aroma yang unik. Sehingga, bunga-bunga ini lalu menjadi bahan favorit untuk menunjang sisi kreatif dan inovatif di dunia kuliner.

Melansir dari kanal Youtube MGB Garden, Sabtu (10/7/2021), berikut jenis bunga lokal yang dapat dikonsumsi serta manfaatnya bagi tubuh.

1. Bunga telang

Bunga telang menjadi salah satu bunga yang lagi naik daun akhir-akhir ini. Seduhan bunga telang menghasilkan warna biru yang cantik, cocok untuk campuran minuman.

Minuman dari bunga telang dapat berubah warna dari biru menjadi ungu jika diberikan asam dari jeruk atau lemon.

Perubahan warna yang cantik membuat tampilan minuman menjadi aesthetic. Selain kelopak bunga, biji dan daun bunga telang juga dapat dikonsumsi. Jika kamu mengkonsumsi olahan makanan dari daun bunga telang, kamu akan mendapati rasa yang mirip dengan daun katuk. Warna nya yang unik juga dapat digunakan sebagai pewarna alami pada ketan, agar-agar, cendol dan mi.

2. Bunga mawar

Pasti kamu sudah tidak asing dengan bunga yang satu ini. Bunga mawar memiliki jenis yang beragam dengan manfaat yang beragam pula.

Biasanya bunga ini menjadi campuran pada bahan makanan, minuman, obat hingga kosmetik. Bunga ini memiliki kandungan vit c yang cukup tinggi, selain itu bunga ini juga mengandung zat antidepresan, antiviral, antibakteri, antioksidan dan anti peradangan.

Pada bunga mawar terdapat kandungan minyak atsiri yang bersifat menenangkan sehingga bisa menaikkan mood kamu. Jika kamu ingin mengolah bunga mawar, kamu dapat mengolahnya menjadi teh, sirup, selai dan garnish pada makanan.

3. Bunga kenop

Bunga kenop yang dikenal juga sebagai bunga kancing ini dapat dikonsumsi dan memiliki manfaat bagi tubuh. Kamu pasti sering melihat bunga ini tumbuh disekitar rumah, umumnya bunga kenop ini digunakan sebagai teh herbal.

4. Bunga melati

Di Indonesia melati sering kali digunakan dalam keseharian, seperti pada teh, pengharum ruangan dan juga dekorasi serta pelengkap pada acara-acara adat tertentu. Pada bunga melati terkandung zat flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka. Jika kamu ingin mendapatkan rasa bunga melati yang kuat dan lebih harum, kamu bisa memanennya saat kelopak bunga masih kuncup, lalu cuci dan keringkan kuncup bunga.

5. Bunga kenikir atau bunga kosmos

Biasanya tanaman bunga ini dijumpai di kebun rumah sebagai tanaman hias. Selain daun kenikir yang bisa dikonsumsi untuk makanan, bunga kenikir atau yang dikenal dengan bunga kosmos juga bisa dikonsumsi loh. Menurut beberapa penelitian, bunga kenikir mengandung antioksidan dan antimikroba. Jika kamu ingin mengkonsumsi bunga kenikir, kamu bisa mencampurnya pada salad dan hiasan pada kue.

6. Bunga marigold

Tanaman bunga marigold memiliki kandungan yang bagus bagi kesehatan. Untuk membuatnya menjadi teh, kamu bisa mengeringkan bunga marigold yang baru dipanen lalu seduh dengan air panas. Selain dikonsumsi, bunga ini juga dapat berfungsi sebagai pestisida alami.

Tag : nasional,kesehatan

Berita Terkait