Harga cabai merah di Sumut (Antara News)

Jelang Puasa, Harga Cabai Merah di Sumut Alami Kenaikan

Sarah | Daerah | 07-03-2022

PARBOABOA, Medan - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Sumatera Utara (Sumut) kembali mengupdate harga komoditi di pasar Petisah Medan. Dari sejumlah bahan pangan di Petisah Medan, kenaikan harga komoditi cabe merah menjadi sorotan.

Salah seorang pedagang cabai bernama Norma Sembiring mengatakan harga cabai merah saat ini sudah mencapai Rp45 ribu perkilo, sedangkan cabai hijau menduduki harga Rp30 ribu per kilonya.

“Iya hari ini harga cabai naik, sudah Rp45 ribu perkilo, cabai hijau Rp30 ribu per kilo, sudah tiga hari yang lalu naik, karena pasokan dari petani juga sulit, musim hujan, pancaroba sekarang,” kata Norma, Senin (7/3/2022).

Ia menjelaskan, harga bahan pokok memang rata-rata naik jika mendekati bulan puasa. Namun menurutnya, yang saat ini naik masih hanya harga cabai merah saja, karena harga bawang merah dan bawang putih masih tergolong normal.

Sementara itu, salah seorang pedagang sembako di Pasar Gambir Deliserdang bernama Rusli mengungkap, harga sembako juga ada yang naik dan ada yang turun. Seperti harga minyak goreng yang sampai saat ini tergolong naik. Sedangkan gula dan tepung tergolong normal.

“Harga gula masih terbilang normal, Rp12-13 ribu per kilo, sementara harga tepung terigu juga semua normal, Rp11-14 ribu per kilo sesuai dengan mereknya, harga kacang tanah, harga sayur mayur juga masih normal,” ucapnya.

Harapannya, harga kebutuhan pangan dapat kembali normal saat mendekati puasa nanti. Agar para pedagang tidak susah jualan.

“Berharap semoga mau mendekati puasa nanti, harga kebutuhan pangan bisa kembali normal, biar kami pedagang juga tidak susah jualan, masyarakat juga banyak mengeluh,” tandasnya.

Tag : #Perindag sumut    #cabe merah    #pasar petisah    #medan    #berita sumut   

Baca Juga