Jelang Akhir Tahun, Harga Pangan Melambung, Sumut Dipastikan Alami Inflasi

Pedagang di Pusat Pasar Medan, Sadrak Tamba mengaku harga cabai bertahan mahal dalam sepekan terakhir. (Foto: Parboaboa/Isnaini Kharisma)

PARBOABOA , Medan - Menjelang akhir tahun, harga sejumlah sayuran terpantau mengalami kenaikan fantastis selama Desember 2022. Bahkan ada yang melonjak hingga tiga kali lipat.

Pedagang di Pusat Pasar Medan, Sadrak Tamba mengatakan, harga jual cabai merah kini Rp34 ribu per kilogram. Harga tersebut bertahan mahal hampir sepekan dan untuk cabai rawit juga merangkak naik hingga Rp54 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp25 ribu per kilogram.

"Untuk bawang putih juga naik dari kisaran Rp22 ribu per kilogram menjadi Rp24 ribu per kilogram. Untuk bawang merah cenderung turun dari Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp26 ribu per kilogram," katanya di Medan, Jumat (30/12/2022).

Pantauan lainnya, untuk minyak goreng di pekan keempat ini mengalami kenaikan dan berada di posisi Rp14.150 per kilogram dari sebelumnya Rp13.900. Sedangkan daging ayam juga naik dari sebelumnya Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp36 ribu per kilogram, dan daging sapi bertahan mahal di angka Rp130 ribu per kilogram.

Terpisah, Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin menuturkan, kenaikan pada komoditas pangan di Desember 2022 ini banyak dipicu oleh faktor cuaca yang kurang bersahabat dan membuat gangguan panen serta distribusi. Kemudian diikuti dari tingginya permintaan baik dari konsumen maupun pemerintah (bantuan sosial), kenaikan biaya produksi (panen) karena buruh tani yang merayakan Natal.

"Maka itu, saya memastikan pada Desember ini Sumut akan mencetak inflasi dan besarannya masih dikisaran 0,5 persen. Dengan inflasi sebesar itu, saya menilai sejauh ini sudah mulai ada gangguan daya beli masyarakat di wilayah Sumut, dan masalah daya beli ini akan menjadi tantangan besar Sumut di tahun depan," pungkas Gunawan.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS