Candi Borobudur (dok Detik.com)

Harga Tiket Masuk Borobudur Naik Drastis Jadi Rp 750 Ribu

Rini | Ekonomi | 05-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Candi Borobudur adalah salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Destinasi wisata peninggalan agama Budha ini sempat ditutup akibat pandemi Covid-19.

Namun seiring dengan penurunan penularan virus ini, pemerintah mengumumkan akan kembali membuka Borobudur. Sayangnya pembukaan Borobudur ini diikuti dengan sejumlah aturan baru, termasuk kenaikan harga tiket masuk.

Melalui akun Instagram resminya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengumumkan tarif baru untuk memasuki Borobudur.

Masyarakat lokal yang ingin berkunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 750 ribu. Tarif yang lebih mahal akan diberlakukan untuk turis internasional, yaitu sebesar USD 100 atau sekitar Rp 1,4 juta (asumsi kurs Rp 14.000 per USD 1).

"Dengan biaya 100 dollar AS untuk wisman dan turis domestik sebesar Rp 750 ribu. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja," katanya.

Dengan tarif baru ini, semua pengunjung harus menggunakan pemandu wisata (tour guide) dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur. Hal ini dilakukan demi menumbuhkan lapangan kerja baru untuk masyarakat sekitar.

"Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," imbuhnya.

Sayangnya meski tiket masuk sudah dinaikkan, jumlah pengunjung yang diterima masuk ke Borobudur perharinya dibatasi, hanya 1.200 orang saja.

Luhut mengatakan, saat ini pemerintah tengah mengembangkan Borobudur agar dapat menjadi laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional.

Ia pun menekankan kembali sinergi antara konservasi dan pariwisata melalui mekanisme badan otoritas tunggal (single authority agency). Hal tersebut, sambungnya, dimaksudkan agar Borobudur bukan hanya menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas, tetapi juga destinasi wisata berkualitas.

Harga Tiket Masuk Borobudur Sebelumnya

Kenaikan harga tiket masuk Borobudur ini sangatlah drastis, pasalnya sebelumnya untuk memasuki kawasan candi, orang dewasa hanya diwajibkan membayar tiket Rp 50 ribu, sedangkan untuk anak-anak dikenakan biaya Rp 25 ribu.

Nah, dengan tarif baru ini, masih minatkah untuk mengunjungi candi Borobudur ini?

Tag : #luhut panjaitan    #tiket borobudur    #ekonomi    #wisata favorit    #tiket masuk borobudur   

Baca Juga