Festival festival cahaya lampu memperingati Deepavali di India.

Hari Deepavali, Perayaan Cahaya Umat Hindu Jatuh Pada 4 Nopember Hari Ini

Maraden | Nasional | 04-11-2021

PARBOABOA – Pada 4 November 2021 ini, umat Hindu terutama yang berada di India merayakan Hari Deepavali atau Hari Diwali. Hari Deepavali dirayakan dengan festival untuk menandakan kemenangan atas kegelapan, kebaikan atas kejahanan, dan harapan atas keputusasaan.

Deepavali adalah festival cahaya atau lampu yang dirayakan umat Hindu di seluruh dunia terutama India. Festival ini adalah salah satu yang paling populer untuk masyarakat Hindu, tertuama di India. Jutaan umat Hindu, Sikh, dan Jain di seluruh dunia merayakan festival ini selama lima hari berturut-turut.

Setiap tahunnya, masyarakat India tak pernah absen merayakan festival Diwali atau Deepavali ini. Adapun festival diwarnai dengan lampu dan cahaya sebagai lambang kemenangan dan harapan umat manusia.

Arti Diwali atau Deepavali ini sebenarnya merujuk pada kisah Ramyana di di agama Hindu. Kisah tersebut dimana saat Dewa Rama kembali ke Ayodhya setelah menyelesaikan pengasingan dan mengalahkan Rahwana, penduduk Ayodhya menyambutnya dengan menyalakan lampu diyas.

Hari kembalinya Dewa Rama ke Ayodhya diperingati sebagai Deepavali. Penganut Hindu di India mempercayai peristiwa itu membawa kebahagiaan dan kemakmuran. Peristiwa ini kemudian dirayakan Festival ini biasanya diadakan antara bulan Oktober hingga November, dengan tanggal yang berubah setiap tahun. Hal ini dikarenakan acuan peristiwa itu adalah pada kalender Hindu setiap tanggal 15 dalam bulan Kartik yang di tahun ini jatuh pada tanggal 4 Nopember hari ini.

Penetapan kapan Diwali atau Deepavali dirayakan mengacu pada kalender Hindu. Diwali jatuh pada Amavasya atau bulan lalu pada hari ke-15 bulan Kartik dari Kalender Hindu.

Pada saat perayaan, orang-orang akan menyalakan lampu dan lilin di rumah atau tempat mereka berada untuk menyambut Dewi Lakhsmi yang melambangkan kekayaan, keberuntungan, dan kemakmuran.

Sebelum Hari Deepavali, orang juga akan membersihkan rumah mereka untuk menghilangkan energi negatif dan menyambut energi postif.

Di Hari Deepavali juga umat Hindu bakal melakukan sejumlah ritual Puja salah satunya Lakhsmi Puja. Pada ritual ini, umat Hindu berdoa untuk kesejahteraan, kesehatan, dan kemakmuran.

Tag : nasional, deepavali, hari raya hindu, hindu india, hindu bali, hari keagamaan

Berita Terkait