Presiden Joko Widodo melakukan tabur bunga di makam pahlawan Kalibata, Jakarta.

Hari Pahlawan, Jokowi Pimpin Upacara dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

Maraden | Nasional | 10-11-2021

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan dan ziarah nasional untuk memperingati hari pahlawan nasional tahun 2021di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Upacara itu dimulai pada pukul 08.10  WIB dan dihadiri oleh sejumlah pejabat negara dengan menerapkan protokol kesehatan.

Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin tampak tiba di lokasi pada pukul 08.008 WIB. Upacara dimulai dengan proses penghormatan kepada arwah para pahlawan yang dipimpin Komandan Upacara.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang ditandai dengan bunyi sirene selama sepanjang 60 detik. Setelah itu Jokowi pun memimpin sikap mengheningkan cipta.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa mengheningkan cipta dimulai," ujar Jokowi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Presiden Jokowi kemudian meletakkan karangan bunga di tugu monumen TMP Kalibata Jakarta, tepat di bawah patung burung Garuda, dan memberikan pengormatan. Karangan bunga tersebut sebagai simbol pengharagaan rakyat Indonesia akan jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa ini.

Selanjutnya acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk para pahlawan. Bertindak sebagai pemimpin doa, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa untuk mengenang jasa para pahlawan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang dipimpin komandan upacara.

Setelah upacara, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan menuju makam di kawasan TMP untuk melakukan prosesi tabur bunga.

Tag : #hari pahlawan    #upacara hari pahlawan    #joko widodo    #tmp kalibata   

Baca Juga