Harimau di Ragunan Kurus, Pengelola: Sedang Proses Penyembuhan

Harimau Benggala bernama Juve berusia 16 tahun. (Dok Instagram Taman Margasatwa Ragunan)

PARBOABOA, Jakarta - Video seekor harimau bernama Juve viral di media sosial karena dianggap bertubuh kurus. Video itu diunggah oleh Ketua Animal Defender Doni Herdaru di akun sosial medianya.

Pada video tersebut terlihat seekor harimau sedang berjalan membelakangi perekam video. Dalam unggahan tersebut juga Doni bertanya kepada pihak pengelola Kebun Binatang Ragunan mengapa kondisi harimau tersebut bisa kurus.

“mungkin bisa memberi penjelasan, kenapa harimau ini bisa dalam kondisi seperti ini?,” ucap Doni dalam keterangan video yang diunggahnya, Sabtu (17/12/2022).

Menanggapi video viral itu, pihak Taman Margasatwa Ragunan mengatakan jika harimau bernama Juve itu memiliki berat badan yang ideal. 

“Untuk berat badan, Juve tergolong ideal. Dia sudah sembuh dari sakit, tapi masih recovery (pemulihan),”⁣ ucap Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang.⁣

Bambang menjelaskan, jika Juve merupakan jenis harimau Benggala dan sedang dalam proses penyembuhan. 

"Ya kalau dibilang kurus ya memang secara penampakan fisiknya memang seperti itu. Dan harus saya jelaskan bahwa harimau tersebut jenis harimau Benggala yang sedang dalam proses penyembuhan, jadi recovery. Hewannya memang habis sakit, dan itu sudah selesai dilakukan pengobatan," jelas Bambang.

Sebelumnya, Juve mengalami sakit di saluran urine yang membutuhkan pengobatan dalam waktu cukup lama. Namun, saat ini kondisi Juve semakin membaik dan bisa menghabiskan enak kilogram daging dalam sekali makan.

Untuk diketahui, Juve merupakan harimau jenis Benggala berusia 16 tahun asal India. Namun, Juve memiliki kelainan pada tulang kaki belakang bawaan lahir yang menyebabkannya berjalan tidak normal.  Beruntung, meski keadaan kakinya tidak normal, menurut dokter yang merawat Juve, bahwa Juve dalam keadaan sehat.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS