Pemilik mobil harus mengetahui tanda-tanda ban harus diganti.

Pemilik Mobil Harus Tahu, ini tanda Ban Harus Diganti

Maraden | Otomotif | 04-12-2021

PARBOABOA – Satu-satunya komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan aspal adalah Ban. Komponen ini berfungsi sangat banyak, seperti meredam getaran dan juga menyangga beban mobil.

Fungsi lainnya adalah menjadi bagian fungsi setir dalam pengendalian arah laju mobil. Dalam hal ini, ban berperan dalam mekanisme mengontrol arah kendaraan.

Itu sebabnya penting untuk menjaga kondisi ban dalam keadaan prima dan layak digunakan karena berhubungan dengan keselamatan pengendara.

Untuk mengetahui ciri ban yang harus segera diganti bisa memperhatikan beberapa faktor seperti berikut:

1. Ketebalan ban menipis merata

Jika ketebalan groove atau alur ban sudah di bawah 1 milimeter tandanya ban harus segera diganti. Ban dengan kondisi tersebut tidak dapat membuang air saat melintasi genangan, sehingga berpoternsi menyebabkan licin yang berbahaya bagi keselamatan pengemudi.

2. Ban aus dan bergelombang

Jika permukaan ban lebih dahulu habis dengan tidak merata akan berdampak pada traksi mobil yang menurun dan membahayakan.

3. Benjolan pada ban

Jika terdapat benjol pada ban di sisi dinding ban yang biasanya akibat benturan benda keras dalam kecepatan tinggi. Bagian benjol tersebut sangat berbahaya karena rawan meletus.

 4. Banyak tambalan

Banyak tambalan pada ban akan menurunkan kemampuan ban itu sendiri. Karena ban akan memanas dalam kecepatan tinggi yang bisa saja tambalan tersebut lepas dan membuat pecah ban.

5. Keretakan pada ban

Biasanya terjadi pada dinding ban. Kondisi retak pada ban sering disebabkan suhu panas selain karena umur ban yang sudah tua. Pada kondisi ini kemampuan ban bakal menurun drastis.

6. Ban sobek

Jika menemukan kondisi ban yang sobek namun belum bocor, tetap harus diganti. Ban yang sobek sudah tidak layak digunakan karena resiko pecah ban sangat besar.

7. Umur ban sudah tua

Sebenarnya tidak ada batas umur ban. Namun semakin tua usia ban maka komponnya juga akan mengeras. Kondisi kompon ban yang keras akan mempengaruhi kinerja ban baik secara kenyamanan dan juga keamanannya.

8. Alur ban sudah mengelupas

Biasanya bagian ban yang kerap terkelupas adalah bagian alurnya. Pada kondisi ini ban harus segera diganti karena akan sangat berbahaya jika tetap digunakan.

9. Ban sudah tak seimbang

Bila terjadi pada ban goyang kanan-kiri atau bergerak ke atas-bawah, itu artinya ban tak seimbang dan perlu diganti. Untuk lebih meyakinkan kodisi itu dapat diperiksa dengan dilakukan penyeimbangan (balancing).

Tag : #tanda ban harus diganti    #otomotif    #tips otomotif    #memeriksa komponen mobil   

Baca Juga