Persib Bandung sukses memenangkan duel El Classico melawan Persija Jakarta dengan skor 2-0 (Foto: Twitter/@Liga1Match)

Hasil BRI Liga 1: Duel El Classico Indonesia, Persib Bandung Bungkam Persija Jakarta

Michael | Sepakbola | 01-03-2022

Parboaboa.com – Persib Bandung berhasil naik ke posisi runner-up klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022. Itu terjadi setelah mereka menang 2-0 atas Persija Jakarta dalam pekan ke-28 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (1/3/2022) malam.

Jual beli serangan langsung terjadi sejak menit pertama. Persib jadi tim yang unggul dulu berkat gol di menit ke-15. David da Silva jadi pencetak golnya setelah memanfaatkan umpan sepak pojok Marc Klok. Diselesaikan dengan kaki kanan, sepakannya menggetarkan jala gawang Persija.

Gol Persib itu membuat para pemain Persija tersengat dan berusaha melancarkan serangan balasan. Di menit ke-17, Maman Abdurrahman mengirim umpan kepada Novri Setiawan yang diteruskan dengan sundulan, tapi masih melambung.

Marko Simic tidak ketinggalan dengan mencoba memberi ancaman di menit ke-22. Dia mendapat umpan dari Riko Simanjuntak dan diselesaikan dengan tembakan. Sayang, sepakannya belum menemui sasaran.

Persib lantas kembali merepotkan kiper Andritany Ardhiyasa di menit ke-26. Kali ini, Marc Klok mengirim umpan dari tendangan sudut yang disambut dengan sundulan oleh Victor Igbonefo. Tandukannya juga tidak mengarah ke gawang.

Peluang emas kembali menghampiri Persija setelah Riko Simanjuntak memberi bola kepada Marko Simic. Dari luar kotak penalti, Simic melepas tembakan keras yang sayangnya melebar ke sisi kiri gawang Persib di menit ke-35.

Hanya semenit kemudian, Persib mendapat kans menggandakan keunggulan. Beckham Putra mengirim bola kepada David yang mampu melihat Rohit Chand. Tinggal berhadapan dengan Andritany, sepakan David masih bisa diblok.

Kedua tim masih saling serang sampai waktu babak pertama tersisa. Namun, tak ada gol tambahan sehingga waktu turun minum dihiasi dengan keunggulan 1-0 untuk Persib Bandung.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, pertandingan sempat terhenti beberapa menit. Penyebabnya, Syahrian Abimanyu menarik baju Marc Klok yang dibalas dengan ayunan tangan mengenai wajah di menit ke-50. Pemain Persib mengajukan protes dan Klok mendapat kartu kuning.

Peluang pertama laga ini muncul di menit ke-56 lewat sepakan David da Silva. Dari tengah lapangan, dia melihat Andritany jauh dari gawangnya. Striker asal Brasil itu pun melepas tendangan yang sayangnya melambung di atas mistar Macan Kemayoran

Kans mencetak gol mendatangi Persija di menit ke-63. Berawal dari umpan tendangan bebas Syahrian Abimanyu, Riko menyundul bola dengan kepala bagian belakang. Tandukannya mengarah ke gawang, tapi bisa diblok Bruno Cantanhede.

Makan Konate tidak ketinggalan dengan mencoba berkreasi untuk mencetak gol. Menyisir sisi kanan, dia memberi umpan tarik ke kotak penalti Persib. Bola disambut oleh Taufik Hidayat yang ada di depan gawang, tapi sepakannya melambung di menit ke-68.

Persib masih terus terlihat ingin mencetak gol tambahan meski sudah unggul. Di menit ke-70, Bruno menyisir sisi kanan mengumpan ke jantung pertahanan Persija dan disapu oleh Tony Sucipto. Bola liar disambar Rashid yang mengenai mistar.

Maung Bandung berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-85, lagi-lagi dari sepak pojok Klok. Bola sempat ditangkap oleh Andritany tapi terlepas. David yang berada di dekatnya kembali mengoyak gawang Persija.

Kedua tim masih berupaya tampil menyerang di sisa waktu babak kedua. Tapi, tak ada gol lagi sampai wasit Fariq Hitaba meniup peluit panjang. Pertandingan pun berakhir dengan kedudukan akhir 2-0 untuk Persib.

Kemenangan ini membawa Persib naik peringkat mendekati puncak klasemen, tepatnya menduduki posisi runner-up dengan 57 poin. Sedangkan Persija Jakarta terjebak di peringkat ketujuh dengan mengoleksi 38 angka.

Susunan Pemain Persija Jakarta vs Persib Bandung:

  • Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ilham Rio Fahmi, Maman Abdurrahman, Rohit Chand, Tony Sucipto (belakang); Ichsan Kurniawan, Syahrian Abimanyu, Makan Konate (tengah); Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan (depan)
  • Pelatih: Sudirman (caretaker)
  • Persib (4-2-3-1): Teja Paku Alam (kiper); Henhen Herdiana, Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ardi Idrus (belakang); Mohammed Rashid, Marc Klok; Bruno Cantanhede, Beckham Putra Nugraha, Frets Butuan (tengah); David da Silva (depan)
  • Pelatih: Robert Alberts
     
Tag : #hasil pertandingan    #bri liga 1    #persija    #persib   

Baca Juga