Hasil Fotosintesis (dok. istockphoto.com)

Fotosintetis : Proses, Hasil serta Manfaat

Regina | Pendidikan | 11-06-2022

PARBOABOA - Dalam bertahan hidup, banyak orang tidak tau tentang pentingnya tumbuhan hadir di sekitarnya. Padahal, keberadaan tumbuhan sangat berguna keberlangsungan hidup manusia.

Pernah mendengar bahwa hutan adalah paru-paru dunia? Itu dikarenakan hutan yang didominasi oleh tumbuhan itu menghasilkan sesuatu yang sangat berharga bagi manusia melalui proses fotosintesis.

Sudah mengetahui apa proses fotosintesis sebelumnya? Berikut rangkuman tentang fotosintesis yang perlu kamu ketahui.  

Reaksi Kimia Fotosintesis

Sebelum memasuki proses, tumbuhan harus memperhatikan kondisi reaksi kimia fotosintesis. Hal ini berguna agar proses tersebut berjalan dengan lancar.

Adapun reaksi kima fotosintesis pada tumbuhan yaitu terjadi pada saat ada energi dari caya matahari yang mana akan memberikan reaksi enam molekul dari karbon dioksida serta enam molekul dari air yang kemudian akan menghasilkan 1 molekul  dari glukosa serta 6 molekul dari oksigen.

Faktor Fotosintesis

1. Karbon Dioksida. Alasan karbon dioksida menjadi faktor terjadinya fotosintesis dikarenakan Co2 ini dapat menjadi energi saat terjadinya fotosintesis.

2. Cahaya. Cahaya dibutuhkan untuk diserap tumbuhan saat fotosintesis terjadi karena akan memberikan energi kimia dengan bantuan klorofil.

3. Suhu. Peningkatan suhu di sekitar tumbuhan akan membantu laju dari fotosintesis tersebut.

4. Penyiraman. Proses penyaluran oksigen akan terjadi terus menerus tergantung berapa sering penyiraman terhadapa tumbuhan tersebut dilakukan.

Proses Fotosintesis

  • Perlu adanya Klorofil. Dalam proses terjadinya fotosintesis, hal yang perlu kalian ketahui adalah fotosintesis tidak akan terjadi tanpa adanya klorofil atau zat hijau daun.  
  • Karbon dioksida yang ada di dalam udara diserap dan masuk melalui stomata yang ada di daun lalu beralih menuju akar, kemudian akar pada tumbuhan menyerap air dari dalam tanah dan membawanya ke daun.
  • Di dalam daun, sinar matahari akan memproses air serta karbon dioksida yang mana fotosintesis  mengahasilkan oksigen dan air.
  • Hasil fotosintesis yang berupa glukosa akan didistribusikan ke semua bagian tumbuhan. Hal itu bisa menjadi sumber bahan makanan untuk tumbahan itu sendiri serta makhluk lainnya.

Rumus Fotosintesis

Terdapat rumus fotosintesis dari hasil proses ini, yang mana berupa :

12 H2O +6 CO2 → C6H12O6 +6 O2 ↑ +6 H2O; ΔG ° ‘= -2880 kJ / Mol Glukosa.

Ket :

H2O = Air, berfungsi sebagai bahan baku tumbuhan dalam proses terjadinya fotosintesis serta akan menjaga kelembaban pada kayu tumbuhan tersebut agar tidak layu.

CO2 = Karbon dioksida, berfungsi untuk tumbuhan mendapatkan energi agar dapat diubah menajdi glukosa.

Hasil dari Fotosintesis

Adapun hasil akhir fotosintesis tumbuhan hijau berupa glukosa dan juga oksigen. Glukosa dan juga air yang menjadi hasil fotosintesis digunakan untuk manjadi bahan konsumsi bagi tumbuhan. Sedangkan oksigen yang dilepaskan ke udara, akan berubah menjadi udara sehat untuk kita hirup.

Manfaat Fotosintesis

1. Menghasilkan Oksigen. Fotosintesis menghasilkan oksigen yang dibutuhkan untuk semua makhluk hidup agar bisa berlangsung hidup.

2. Melembabkan Udara. Dari oksigen yang dihasilkan, akan menciptakan udara yang lembab dan sehat untuk dihirup oleh makhluk hidup.

3. Memberikan Manfaat Medis. Jikalau fotosintesis tidak terjadi, maka akan membuat manusia kemungkinan terkena kanker kulit dan juga penuaan dini, hal itu dikarenakan hasil dari karbon dioksida yang berlebih.

4. Memperoleh Makanan. Proses ini akan memberikan hasil dari tumbuhan yang baik untuk hewan, seperti sapi contohnya, karena akan dimanfaatkan kembali oleh manusia sehingga setiap makhluk hidup mempunyai jatah tersendiri dalam memperoleh makanan.

Wah, ternyata hasil fotosintesis mempunyai manfaat yang banyak juga ya dalam kehidupan kita. Maka dari itu, ada baiknya kita menjaga tumbuhan yang ada disekitar kita karena pada dasaranya hal itu memberikan manfaat baik bagi kita.

Sekian dari hasil fotosintesis yang dapat parboaboa rangkum, semoga artikel ini bermanfaat.

Tag : #fotosintesis    #tumbuhan    #pendidikan    #oksigen    #karbondioksida   

Baca Juga