Barcelona kalahkan Real Madrid dengan skor 4-0 (Foto/AP Photos)

Hasil Pertandingan El Clasico: Barcelona Kalahkan Real Madrid Dengan Skor 4-0

Michael | Sepakbola | 21-03-2022

Parboaboa.com – Barcelona menghajar Real Madrid dengan skor telak 4-0 dalam duel pekan ke-29 Liga Spanyol 2021/2022, Senin (21/3/2022). Duel El Clasico kali ini menjadi milik pasukan Xavi Hernandez.

Bermain di Santiago Bernabeu, Madrid sempat mendapatkan momentum di awal-awal pertandingan. Namun, absennya Benzema sangat berdampak terhadap penyelesaian Real Madrid.

Empat gol yang dicetak Barcelona terjadi di kedua babak pertandingan. Pierre-Emerick Aubameyang mencetak brace di menit ke-29 dan 51, ditambah gol Ronald Araujo pada menit ke-38 dan Ferran Torres di menit ke-47.

Kekalahan telak ini jelas menjadi pukulan telak untuk kepercayaan diri pasukan Carlo Ancelotti. Meski di posisi klasemen tidak  berubah, tetapi hasil di El Clasico selalu berdampak lebih besar untuk kedua tim.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Pertandingan dimulai dengan Real Madrid mendominasi jalannya pertandingan. Menit ke-5, Los Galaticos mendapatkan peluang lewat sepakan Valverde. Namun, bola hasil sepakan pemain asal Uruguay tersebut masih melebar tipis dari gawang Barcelona.

Real Madrid gagal memanfaatkan momentum pada 10 menit pertama. Barcelona pun membalas menyerang dan hampir saja mencetak gol. Pierre-Emerick Aubameyang mendapatkan peluang bagus di menit ke-12. Sayang, penyerang asal Gabon itu gagal memaksimalkan peluang tersebut.

Madrid mencoba menekan pertahanan Barcelona, tapi absennya Benzema membuat penyelesaian akhir tim asuhan Carlo Ancelotti itu kurang maksimal. Di sisi lain, Blaugrana melancarkan serangan-serangan balik berbahaya yang mampu menekan pertahanan Real Madrid.

Pada menit ke-29, Barcelona berhasil membuka keunggulan. Berawal dari serangan balik cepat, Ousmane Dembele memberikan umpan silang dari sisi kanan, yang berhasil dilanjutkan Aubameyang dengan sundulan keras ke sudut kiri bawah gawang Courtois. Gol! Barcelona unggul 1-0 atas Real Madrid.

Real Madrid langsung meningkatkan tempo permainan setelah mengalami kebobolan. Menit ke-36, Vinicius membuang peluang satu lawan satu dengan Ter Stegen. Dia terjatuh, tapi bukan sebuah pelanggaran.

Menit ke-38, Barcelona mencetak gol kedua. Kali ini berawal dari tendangan sudut. Araujo berhasil lepas dari penjagaan dan mengalahkan Alaba dalam duel udara. Gol! Barcelona memperbesar keunggulan menjadi 2-0.

Tidak ada gol tambahan di sisa babak pertama. Skor 2-0 untuk keunggulan Barcelona menutup jalannya pertandingan di babak pertama.

Babak Kedua

Barcelona langsung mengambil inisiatif menyerang begitu babak kedua dimulai. Lewat serangan pertama, Barcelona berhasil menembus pertahanan Madrid yang berantakan. Aubameyang berhasil mengirimkan umpan backheel yang berhasil diteruskan Ferran Torres menjadi gol. Skor 3-0 Barcelona menjauh.

Kekacauan pertahanan Real Madrid terus berlanjut. Pada menit ke-51, Ferran Torres melepaskan umpan silang yang berhasil dituntaskan Aubameyang menjadi gol. VAR sempat diajukan para pemain Madrid tetapi wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Barcelona pun jauh 4-0 atas Real Madrid.

Tertinggal empat gol, membuat permainan Madrid tampak kacau. Skuad Los Galaticos tampak kesusahan di lapangan, pertahanan Madrid pun terlalu muda untuk ditembus.

Memasuki menit ke-70, Madrid mulai mendapatkan kesempatan menyerang. Namun, Barcelona berhasil bertahan dengan baik dan bisa meredam serangan-serangan berbahaya yang dibuat skuad asuhan Carlo Ancelotti tersebut.

Xavi Hernandez maupun Carlo Ancelotti membuat sejumlah pergantian pemain untuk menyegarkan timnya, tapi tidak ada perubahan berarti. Pertandingan pun memasuki 10 menit menjelang akhir, Para pemain Real Madrid tampak frustasi membongkar pertahanan Barcelona.

Madrid terus mencoba menembus pertahanan Barcelona. Sayangnya tidak ada peluang bagus yang tercipta, sehingga tidak ada gol tambahan yang terjadi. Barcelona pun keluar sebagai pemenang dalam duel El Clasico dengan skor 4-0.

Susunan Pemain Real Madrid vs Barcelona

  • Real Madrid (4-1-4-1): Courtois; Carvajal, Militao, Alaba, Nacho; Casemiro, Valverde, Modric, Kroos, Vinicius; Rodrygo
  • Pelatih: Carlo Ancelotti (Italia)
  • Barcelona (4-3-3): ter Stegen; Araujo, Pique, Garcia, Alba; de Jong, Busquets, Pedri; Dembele, Aubameyang, Torres
  • Pelatih: Xavi Hernandez (Spanyol)
     
Tag : #hasil pertandingan    #liga spanyol    #el clasico    #Barcelona    #Real Madrid    #Aubameyang   

Baca Juga