Hasil Pertandingan Liga Champion: AC Milan vs Liverpool (Foto: Google)

Hasil Pertandingan Liga Champion: AC Milan vs Liverpool

Michael | Sepakbola | 08-12-2021

Parboaboa.com – Pertandingan AC Milan vs Liverpool berakhir 2-1 untuk kemenangan tim tamu. Duel Milan vs Liverpool merupakan pertandingan terakhir Grup B Liga Champions yang digelar di Stadion San Siro pada Rabu (08/12/2021) dini hari WIB. 

AC Milan yang menjadi tuan rumah sebenarnya berhasil unggul terlebih dahulu berkat gol Fikayo Tomori pada menit ke-29. 

Namun, AC Milan tertekan sejak awal pertandingan dan gagal mempertahankan keunggulan tersebut. 

Sepasang gol kemenangan Liverpool dicetak oleh Mohamed Salah pada menit ke-36 dan Divock Origi (55').

Kekalahan dari Liverpool membuat AC Milan dipastikan tersingkir atau gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions. 

Rossoneri, julukan AC Milan, juga tidak bisa turun ke play-off fase gugur Liga Europa. Sebab, AC Milan menjadi juru kunci atau menempati peringkat terakhir klasemen akhir Grup B Liga Champions. 

Di sisi lain, kemenangan di Stadion San Siro menyempurnakan status juara Grup B milik Liverpool dengan rekor 100 persen kemenangan (6 pertandingan). 

Kesempurnaan itu mengantar Liverpool masuk ke buku sejarah Liga Champions. 

The Reds, julukan Liverpool, menjadi tim Inggris pertama yang pernah berhasil menyapu bersih seluruh laga fase grup Liga Champions dalam sejarah kompetisi.

Hingga Rabu (8/12/2021) dini hari WIB, tercatat sudah ada delapan tim yang berhasil mengukir statistik spesial tersebut.

Delapan tim itu adalah, AC Milan (musim 1992-1993), Paris Saint-Germain (1994-1995), Spartak Moscow (1995-1996), Barcelona (2002-2003), Real Madrid (2011-2012, 2014-2015), Bayern Muenchen (2019-2020), Liverpool (2021-2022) dan Ajax Amsterdam (2021-2022).

Adapun peringkat pertama hingga keempat klasemen akhir Grup B Liga Champions secara berurutan ditempati oleh Liverpool (18 poin), Atletico Madrid (7), FC Porto (5) dan AC Milan (4).

Jalannya pertandingan AC Milan vs Liverpool:

Pada babak pertama, Liverpool sebagai tim tamu tampil mendominasi dengan persentase penguasaan bola mencapai 60 persen. 

Dominasi tersebut membuat Liverpool sukses melepaskan sembilan tembakan ke arah gawang dengan empat di antaranya tepat sasaran. 

Di sisi lain, AC Milan yang mengandalkan serangan balik tercatat hanya memiliki dua shoot on target sepanjang babak pertama. 

Meski demikian, AC Milan asuhan Stefano Pioli justru berhasil unggul terlebih dahulu lewat gol Fikayo Tomori pada menit ke-29.

Gol Tomori berawal dari umpan sepak pojok Junior Messias yang dibelokkan oleh Alessio Romagnoli dengan tendangan kaki kiri.

Kiper Liverpool, Alisson Becker, berhasil melakukan penyelamatan gemilang ketika menepis tendangan Romagnoli yang mengarah ke sisi kiri gawangnya. 

Namun, Alisson Becker tetap harus memungut bola dari gawangnya. Sebab, Fikayo Tomori yang berdiri bebas di depan gawang berhasil menyambar bola muntah dengan tembakan kaki kanan.

Liverpool yang terkejut dengan gol Tomori kemudian langsung membalas pada menit ke-36. Memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Alex Oxlade-Chamberlain, Mohamed Salah berhasil mencetak gol lewat tendangan keras kaki kiri. 

Itu adalah gol ketujuh Mo Salah di Liga Champions 2021-2022. Secara keseluruhan, Mo Salah kini sudah mencetak 20 gol dari 21 pertandingan di semua kompetisi musim ini.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama. 

Babak Kedua

Berlanjut ke babak kedua, Juergen Klopp (Liverpool) dan Stefano Pioli (AC Milan) masih mempertahankan komposisi pemainnya. 

AC Milan selaku tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu. 

Tepat pada menit ke-50, pemain-pemain AC Milan melakukan protes meminta penalti setelah Franck Kessie terjatuh seusai berduel dengan Kostas Tsimikas. Namun, wasit tidak melihat itu sebagai pelanggaran.

Pada menit ke-55, Stadion San Siro terdiam ketika Divock Origi berhasil mencetak gol untuk mengantar Liverpool berbalik unggul 2-1. 

Gol Divock Origi berawal dari kesalahan Fikayo Tomori di depan kotak penalti AC Milan. Kesalahan Tomori adalah gagal mengontrol bola umpan mendatar Franck Kessie. 

Kesalahan Tomori kemudian dimanfaatkan Sadio Mane yang sudah melakukan pressing tinggi. Setelah berhasil merebut bola, Sadio Mane langsung melepaskan tembakan keras  kaki kiri dari dalam kotak penalti. 

Tembakan Sadio Mane itu mengarah tepat ke sisi kanan gawang AC Milan. Namun, usaha Mane tidak berbuah gol setelah kiper AC Milan, Mike Maignan, berhasil melakukan penyelematan hanya dengan satu tangan.

Beruntung bagi Liverpool karena Divock Origi yang berdiri di tengah kotak penalti berhasil mendapatkan bola liar dan langsung mencetak gol dengan sundulan.

Tertinggal satu gol, Stefano Pioli langsung melakukan dua perubahan dengan menarik keluar Sandro Tonali dan Brahim Diaz pada menit ke-59.

Dua pemain itu digantikan oleh Ismail Bennacer dan Alexis Saelemaekers. 

Memasuki sepertiga akhir babak kedua, AC Milan terus mencoba untuk mencari gol penyeimbang. 

Namun, serangan AC Milan lebih sering terhenti di sepertiga pertahanan akhir Liverpool karena buruknya final pass para pemain. 

Tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-1 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga akhir pertandingan.
 

Tag : #hasil pertandingan    #liga champion    #ac milan    #liverpool   

Baca Juga