Pengertian Hewan Avertebrata Lengkap dengan Ciri-Ciri dan Contoh (Dok. Materi.co.id)

Pengertian Hewan Avertebrata Lengkap dengan Ciri-Ciri dan Contoh

Juni | Pendidikan | 12-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Jika ditelisik, ada banyak sekali jenis hewan di dunia ini dan bahkan tak bisa terhitung. Dilihat berdasarkan tulang belakangnya, hewan digolongkan dalam dua kelompok yakni hewan vertebrata dan hewan avertebrata.

Hewan avertebrata adalah kelompok hewan yang tidak bertulang belakang. Tulang belakang itu sendiri merupakan sebuah deretan yang terdiri atas beberapa ruas tulang dan terentang dari leher hingga ekor.

Selain itu, terdapat beberapa ciri khusus avertebrata. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ciri Ciri Hewan Avertebrata

Berikut ini disebutkan beberapa ciri utama hewan avertebrata yang membedakannya dengan makhluk hidup lain, antara lain:

  • Umumnya memiliki kerangka tubuh yang terdapat di luar tubuhnya atau disebut dengan eksoskeleton
  • Susunan jaringan saraf pada hewan tanpa tulang belakang ini terletak di bagian perut atau ventral, di atas saluran pencernaan
  • Merupakan organisme multiseluler, yakni tidak memiliki dinding sel
  • Tidak mempunyai paru-paru, hewan tanpa tulang belakang ini melakukan respirasi dengan memanfaatkan kulitnya
  • Berkembang biak dengan dua cara, yaitu seksual dengan cara melibatkan sel kelamin jantan dan betina dan aseksual dengan tampa melibatkan sel kawin
  • Memiliki anggota tubuh yang terbagi atas tiga bagian, yakni kepala, dada, dan perut
  • Sitem tulang yang sederhana pada avertebrata membuatnya berukuran kecil dan cenderung lambat

Klasifikasi dan Contoh Hewan Avertebrata

Avertebrata dikelompokkan menjadi enam filum, antara lain:

  • Porifera

Sesuai namanya, porifera adalah kelompok hewan dengan permukaan tubuh yang berpori-pori layaknya bentuk spons. Uniknya, porifera memiliki bentuk yang beragam, mujmlai dari berbentuk seperti tabung, mangkuk, vas bunga, hingga bercabang.

Untuk bisa bertahan hidup, mereka memakan bakteri laut atau hewan laut yang berukuran lebih kecil. Contoh avertebrata kelompok porifera antara lain, hippospongia, spongia, dan niphates digitalis.

  • Vermes

Vermes merupakan jenis hewan berukuran kecil dengan bentuk tubuh memanjang dan lunak. Sama dengan kerangka avertebrata pada umumnya, vermes tidak memiliki rangka dan kaki.

Akan tetapi, tubuh vermes bersifat simetris bilateral atau dapat dipahami seperti tubuh cacing yang dapat dibadi menjadi bagian kiri dan kanan. Contoh avertebrata dari kelompok vermes adntara lain cacing pita, cacing tanah, dan cacing perut.

  • Arthropoda

Bentuk tubuh arthropoda beruas-ruas yang terdiri atas struktur kepala, dada, dan perut. Arthropoda juga memiliki bentuk tubuh simetris bilateral serta mempunyai pelindung berupa zat kitin yang terdapat di rangka luarnya.

Arthropda juga memiliki sistem organ yang lengkap, mulai dari sistem peredaran, pencernaan, pernafasan, saraf, reproduksi, ekskresi, hingga alat indera yang mampu merespon sentuhan panas hingga bau-bauan.

Contoh avertebrata dari kelompok arthropoda adalah kupu-kupu, kumbang, belalang, rajungan, laba-laba, kelabang, kepiting, udang, kaki seribu, dan kalajengking.

  • Coelenterata

Coelenterata merupakan salah satu jenis hewan dengan tubuh berongga yang hidup di air. Avertebrata jenis ini terdiri atas dua jenis bentuk, yaitu bentuk medusa dan polip.

Coelenterata berbentuk polip menyerupai bentuk tabung, sementara medusa memiliki bentuk menyerupai payung ataupun lonceng. Contoh hewan avertebrata kelompok coelenterata antara lain hydra, obelia, ubur-ubur, dan anemon laut.

  • Echinodermata

Echinodermata adalah jenis avertebrata yang mempunyai kulit duri, yang terdiri dari beberapa lempeng kapur dengan duri kecil berjumlah banyak di bagian permukaannya. Tubuhnya berbentuk seperti bintang, pipih, bulat, dan bulat memanjang.

Avertebrata jenis ini dapat bergerak dengan menggunakan kaki ambulacral, yakni tabung yang dilengkapi alat penghisap. Contoh hewan avertebrata kelompok achinodermata yakni bintang laut, tripang, landak laut, dan lilia laut.

  • Mollusca

Pada dasarnya, mollusca merupakan jenis avertebrata bertubuh lunak, mengandung lender, dan terbungkus dengan mantel. Mollusca dapat ditemukan baik di darat, air tawar, laut, hingga daerah panas dan daerah dingin.

Tak hanya itu, mollusca juga memiliki sistem pencernaan, ekskresi, pernafasan, saraf, otot, peredaran, dan reproduksi. Contoh avertebrata kelompok mollusca adalah bekicot, siput, tiram Mutiara, kerang hijau, kerang darah, gurita, cumi-cumi, dan sotong.

Demikian penjelasan mengenai hewan avertebrata mulai dari pengertian, ciri-ciri hingga contohnya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Tag : #Avertebrata    #hewan avertebrata    #pendidikan    #porifera    #vermes    #arthropoda    #coelenterata    #echinodermata    #mollusca   

Baca Juga