Angsa termasuk salah satu hewan paling setia di dunia (wikipedia.org)

10 Hewan Paling Setia di Dunia, Mampu Lebih Setia dari Pasanganmu!

Wulan | Hiburan | 26-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Hewan berbeda dengan manusia yang memiliki akal serta pikiran. Hewan mampu bertahan hidup untuk mencari makan dan berkembang biak.

Biasanya, hewan akan migrasi ketempat lain untuk mencari makanan dan berganti pasangan. Adapun contoh hewan yang berkembang biak dan berkelompok yaitu lebah, semut, zebra, sapi, dan masih banyak lagi.

Namun, tahukah kamu ada beberapa jenis hewan paling setia di dunia? Hewan-hewan ini memilih menjalin ikatan yang kuat dengan pasangannya. Bahkan mereka tetap setia meskipun pasangannya telah pergi ataupun mati.

Lalu, hewan apa saja ya yang termasuk kategori hewan yang lebih setia dari pasangan pembaca setia artikel Parboaboa.com ini? Penasaran? Scroll Down yuk!

1. Burung Parkit (Melopsittacus undulatus)

Burung parkit adalah hewan sosial yang memiliki perasan bak manusia. Hewan ini akan merasa sedih dan kesepian jika salah teman atau pasangannya pergi. Itu sebabnya, burung parkit termasuk kedalam kategori hewan paling setia di dunia.

Hewan ini sangat membutuhkan pasangan dalam sangkar agar mereka bisa bahagia. Bahkan, setelah berkenalan, mereka tidak akan meninggalkan satu dengan lainnya.

Perlu kamu ketahui, kematian seekor burung parkit atau pasangannya adalah hal yang sangat menyakitkan bagi parkit. Mereka akan sangat menderita akibat adanya gangguan kecemasan yang luar biasa.

2. Berang-berang (Castor)

Selanjutnya, hewan paling setia di dunia adalah beran-berang. Bahkan, saat menjadi orangtua, hewan ini akan bersama-sama memelihara sarang, membuat lubang besar dan saling mendukung untuk bertahan hidup. Ketika anak berang-berang tumbuh dan beranjak dewasa, mereka akan meninggalkan tempat tinggal mereka untuk membentuk tempat tinggal yang baru. Saking setianya, saat mencari makanan sendiri, berang-berang tidak mampu jauh dari orangtua atau pasangan mereka.

3. Penguin Jambul Kuning (Eudyptes)

Hewan yang identik dengan habitatnya di negara musim dingin ini, ternyata salah satu binatang paling setia di dunia. Pada saat musim panas, hewan ini akan pulang ke tempat mereka tinggal untuk bertemu dengan pasangannya.

Setelah bertemu, mereka akan kembali bersama ke tempat pertama kali mereka membuat sarang. Faktanya, penguin akan sangat agresif saat melihat pasangannya dirayu oleh penguin lain, lho!

4. Siamang (Hylobatidae)

Siamang adalah kera hitam berlengan panjang dan merupakan hewan epidemik yang berada di Sumatera, Thailand, dan Malaysia. Siamang dikatakan sebagai hewan paling setia di dunia dan memiliki hubungan keluarga menyerupai manusia yang telah ditemukan dari beberapa penelitian.

Sebagai pasangan yang setia, Siamang jantan dan betina akan menghabiskan waktu saling membersihkan tubuh mereka dan bergelantungan di pohon secara bersamaan.

5. Serigala abu-abu (Canis lupus)

Serigala mungkin terlihat sangat garang dan menakutkan lantaran seringkali menerkam manusia ataupun hewan lain yang berada di dekatnya. Namun, ternyata hewan ini juga termasuk salah satu hewan paling setia sedunia kepada manusia, keluarga, serta pasangannya.

Dalam menunjukkan kesetiannya, serigala cenderung bersikap protektif tidak hanya kepada pasangannya, tetapi juga keluarga, kelompok serta manusia yang memeliharanya.

6. Ikan Bidadari Prancis (Pomacanthus Paru)

Ikan laut satu ini memang setia dengan pasangannya. Mereka akan hidup selamanya bersama pasangannya meskipun mereka cenderung tak peduli dengan telurnya yang sudah menetas.

Meskipun begitu, pasangan ikan ini akan tetap hidup bersama selamanya. Mereka akan saling melindungi dari serangan ikan lain. Bahkan, saat berada dalam tangki ikan sekalipun, mereka akan tetap peran teritorial ini.

7. Burung hantu (Strigiformes)

Jika melihat burung hantu, pasti yang ada dibenakmu adalah cerita-cerita horror atau hal yang menyeramkan. Nyatanya, burung hantu adalah burung yang setia bagi pasangannya selama mereka masih hidup. Pasangan burung hantu yang sudah kawin akan bekerja sama merawat dan memberi makan anak-anak mereka.

Selain serigala, burung hantu ternyata juga sangat protektif terhadap pasangannya. Bahkan sang betina rela mempertaruhkan nyawanya demi melindungi pasangan serta anak-anak mereka, meskipun lawannya berukuran dua hingga tiga kali lipat dari ukuran mereka. Sangat setia, ya!

8. Elang botak (Haliaeetus leucocephalus)

Elang jenis Haliaeetus leucocephalus, dikenal akan setia seumur hidup dengan pasangannya. Konon, elang jenis ini akan setia dengan pasangannya atau dapat terpisahkan jika pasangannya impotensi. Mereka akan membuat sarang bersama dan merawat anak secara bergantian.

9. Angsa (Cygnus)

Angsa adalah binatang yang hidup berpasangan. Saat musim dingin tiba, mereka akan mencari pasangan yang potensial. Lalu, hewan ini akan berenang mendekat satu sama lain dan melakukan gerakan leher khasnya.

Setelah bertelur, sang betina akan merawat telur tersebut secara bergantian dengan sang jantan. Selain itu, hewan ini mampu membangun hubungan jangka panjang dengan pasangan mereka. Bahkan setelah pasangan mereka mati, mereka akan tetap setia dan tidak akan mencari pengganti angsa tersebut.

10. Kuda Laut (Hippocampus)

Hewan paling setia di dunia yang terakhir adalah kuda laut. Binatang yang memiliki bentuk badan unik ini akan saling berbagi tugas antara jantan dan betina setelah kawin.

Contohnya saat kuda laut betina bertelur, hewan ini akan menempatkan telurnya di kantung telur kuda laut jantan guna  proses pembuahan hingga menetas. Maka, tidak aneh jika hal tersebut membuat kuda laut jadi binatang yang paling setia di dunia.

Itu tadi hewan paling setia di dunia. Kesetiaan dan pengorbanan mereka pantas untuk diteladani dan patut untuk dicontoh bagi kamu yang tidak setia dengan pasanganmu. Dari pasangan hewan yang ada, mana yang jadi favoritmu? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.

Tag : #hewan    #hewan paling setia    #hiburan    #burung parkit    #berang-berang    #penguin jambul kuning    #siamang    #setigala abu-abu   

Baca Juga