Gajah Afrika, hewan terbesar di dunia yang hidup di darat (ajoheyho/pixabay)

10 Hewan Terbesar di Dunia yang Hidup di Darat, Beratnya Sekitar 7 Ton!

Wulan | Hiburan | 19-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Pernahkan terbayang dibenakmu seperti apa bentuk dan panjang hewan terbesar di dunia?

Hewan terbesar di dunia sudah pasti adalah hewan yang memiliki tubuh yang sangat besar, bahkan kita cenderung menganggapnya sebagai hewan raksasa.

Ngomong-ngomong soal hewan raksasa, yang ada dalam pikiran kita sudah pasti dinasaurus yang jenisnya memiliki ukuran tubuh rata-rata beraa di atas 1,5 meter. Bahkan beberapa diantaranya ada yang memiliki tinggi hingga belasan meter dengan berat ratusan ton.

Lalu bagaimana dengan hewan terbesar di dunia saat ini? Walaupun dinosaurus sudah lama punah sejak jutaan tahun yang lalu, namun nyatanya saat ini masih terdapat hewan terbesar di dunia.

Lantas, apa saja ya kira-kira? Coba yuk simak hewan terbesar di dunia bisa kita jumpai saat ini!

1. Gajah Afrika

Hewan darat terbesar pertama yang masih hidup sampai saat ini adalah gajah afrika, yang beratnya mencapai 6.350 kg atau sekitar 7 ton. Hewan ini biasanya tumbuh hingga 10,6 meter dari batang ke ekor, dan memiliki tinggi 4,2 meter.

Sayangnya, tersebar kabar bahwa ada dua spesies gajah yaitu, gajah sabana dan gajah hutan, yang saat ini disebut-sebut sebagai spesies langka yang masuk ke dalam Daftar Merah Spesies Terancam dari Internasonal Union for Conservation of Nature (IUCN).

2. Buaya Air Asin

Buaya air asin adalah salah satu spesies buaya terbesar di dunia yang tumbuh dengan panjang rata-rata 5,2 meter. Perlu kamu ketahui bahwa panjang buaya air asin ini masih bisa bertambah mencapai 6,3 meter dengan berat 435 kg, lho.

Saking besarnya, buaya air asin dapat memakan semua hewan yang bisa mereka mangsa, termasuk hiu jika ada kesempatan. Diketahui, buaya air asin ini tersebar luas di perairan payau dan asin di beberapa bagian india, Asia dan Australia.

3. Gorilla

Bagi kamu yang belum tahu, gorilla merupakan primata terbesar di dunia. Salah satu jenis gorilla yang ada yaitu beringei, memiliki tinggi sekitar 1,9 meter dengan berat mencapai 205 kilogram.

Hewan ini dianggap sebagai hewan paling besar dibandingkan spesies lain yang hidup di hutan, terutama di pengunungan Republik Demokratik Kongo. Sayangnya, saat ini hanya ada sekitar 5.000 gorilla yang tersisa di Bumi, sehingga mereka termasuk kedalam daftar hewan yang terancam punah.

4. Burung Unta

Hewan terbesar yang hidup didarat selanjutnya adalah salah satu jenis unggas, yaitu burung unta. Burung unta merupakan jenis burung terbesar dengan tinggi 2,7 meter dan berat 156 kg.

Keunikan yang dimiliki burung ini adalah mereka tidak memiliki gigi dan mampu bertahan hidup tanpa air selama berhari-hari. Hal ini karena mereka dapat membuat air sendiri secara internal dan mengekstrak sisanya dari tumbuh-tumbuhan yang mereka konsumsi.

5. Harimau

Pasti kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini. Ya, Harimau yang termasuk sebagai kucing terbesar di dunia. Bagaimana tidak, hewan yang satu ini memiliki tubuh dengan panjang mencapai tiga meter dan berat mencapai 300 kilogram.

Harimau memiliki tubuh yang besar dikarenakan ia mampu memakan daging sebanyak 27 kilogram atau lebih dalam waktu satu malam saja, Lho.

Selain itu, harimau juga lebih suka menghabiskan waktunya untuk berjauhan dengan harimau lain, artinya hewan ini dikenal saling menghormati di wilayahnya masing-masing.

6. Beruang

Untuk daftar karnivora terbesar, dimiliki oleh beruang coklat dan beruang kutub.

Dengan berat yang mencapai 907 kg atau sekitar 1 ton, dan tinggi hingga 3 meter membuat hewan ini menjadi hewan terbesar di dunia yang bisa hidup di darat.

Beruang coklat memiliki habitat di hutan dan pegunungan Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Nah, bagi kamu yang ingin melihat secara langsung hewan yang besar ini, kamu harus pergi ke arah Utara Lingkaran Arktik.

7. Komodo

Komodo galak berlidah garpu dengan nama latin Varanus komodoensis, adalah kadal terbesar yang masih hidup hingga saat ini.

Untuk komodo jantan sendiri memiliki panjang hingga 3 meter dan berat sekitar 90kg. Sedangkan untuk komodo betina memiliki tubuh yang sedikit lebih kecil, yakni bisa tumbuh hingga 1,8 meter.

Komodo merupakan hewan pemangsat tercepat yang pernah ada, memiliki penglihatan yang tajam, serta indra penciuman yang sangat baik. Hal tersebut berguna untuk mereka memburu mangsa besar seperti kerbau, rusa, babi, bahkan manusia!

8. Jerapah

Sudah bukan hal asing jika jerapah masuk ke dalam daftar hewan terbesar di dunia yang hidup didarat. Hal ini dinobatkan kepada jerapah lantaran memiliki ketinggian  yang mencapai 19 kaki atau setara 5,8 meter.

Saking tingginya, jerapah menjadi salah satu jenis hewan tertinggi di muka bumi dengan penjang leher yang mencapai 6 kaki (1,8 m).

Di habitat aslinya yakni padang rumput Afrika Selatan, sebagian jerapah mampu mengonsumsi tumbuh-tumbuhan tinggi dengan memanfaatkan lidah panjang mereka untuk menarik tunas muda atau daun dari pohon.

9. Salamander Raksasa Cina

Sesuai dengan namanya salamander raksasa Cina menjadi amfibi terbesar yang masih hidup hingga saat ini dan memiliki berat sekitar 66 b atau setara 30 kg. Bahkan, ada jenis salamander yang diketahui dapat hidup sampai dengan berat 600 kg dan panjang sekitar 1,8 m.

Hewan ini memiliki bentuk serta sifat yang begitu menarik. Namun, salamander raksasa cina juga menjadi salah satu hewan yang terancam punah dan langka di alam liar. Sangat disayangkan ya!

10. Kumbang Goliath

Kumbang Goliath menjadi salah satu hewan lainnya yang memiliki ukuran cukup besar dibandingkan serangga lainnya. Hewan yang biasa hidup di semak-semak hutan tropis Afrika ini memiliki berat sekitar 3,5 ons (100 g), serta panjang mencapai 4,5 inci (11,5 cm)

Ukuran tersebut yang menjadikan kumbang ini masuk kedalam daftar hewan terbesar di jajaran serangga lainnya. Diketahui, hewan ini memiliki beberapa jenis warna yakni, cokelat, hitam, atau putih.

Nah itulah hewan terbesar di dunia yang hidup darat dengan berbagai macam ukuran yang ada. Kini kamu sudah tahukan bahwa hewan terbesar di dunia itu bukan hanya gajah saja. Dari 10 hewan diatas, hewan apa nih yang paling membuatmu takjub? Komen dibawah ya!

Tag : #terbesar    #hewan darat    #hiburan    #hewan terbesar di dunia    #gajah afrika    #buaya air asin    #gorilla    #burung unta    #harimau   

Baca Juga