Penampakan Blopfish sebagai ikan terjelek di dunia (indozone.id)

7 Hewan Terjelek di Dunia, Urutan 4 dan 5 Ada di Indonesia

Wulan | Hiburan | 25-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Tidak semua jenis binatang memiliki bentuk tubuh yang lucu seperti koala atau indah bak burung merak. Ternyata di dunia ini juga ada hewan yang dianggap aneh dan menyeramkan. Bahkan mereka dijuluki sebagai hewan terjelek di dunia.

Meski demikian, bentuk tubuh yang mereka miliki tetap mempunyai fungsi dan tujuannya masing-masing untuk tetap bertahan hidup sesuai dengan habitatnya.

Lalu, hewan apa yang dianggap memiliki penampilan aneh itu? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut!

1. Blobfish

Hewan pertama yang dijuluki sebagai hewan terjelek di dunia adalah Blobfish, khususnya di kalangan spesies ikan. Ikan yang memiliki tampang wajah bak alien ini hidup di perairan dalam pasifik selatan sehingga keberadaannya jarang ditemui oleh manusia.

Blobfish merupakan jenis ikan yang tidak bisa tersenyum. Selain itu, ikan gendut berkepala bengkak ini juga bukan termasuk hewan yang aktif. Bahkan, ikan ini dinggap tak terlalu berenergi, alias pemalas.

2. Tikus Star Nosed Mole

Tikus yang berasal dari Negeri Paman Sam ini digolongkan sebagai hewan terjelek di dunia lantaran mempunyai hidung yang terbilang sangat aneh. Hidung hewan ini diketahui memiliki 22 tentakel berdaging yang berfungsi untuk mendeteksi getaran yang ada di sekitarnya.

Tikus yang hanya mampu tumbuh sebesar hamster ini juga kerap ditemukan di daerah basah, terutama Kanada bagian timur. Selain itu, hewan ini juga mampu bertahan hidup selama tiga hingga empat tahun.

3. Monkfish

Monkfish adalah ikan dengan model wajah yang aneh. Bentuk ikan ini menyerupai ikan lele versi menyeramkan dan merupakan penghuni laut dalam. Hewan ini biasanya ditemukan hidup di Samudra Arktik, Pasifik, dan Hindia.

Jika dilihat, ikan ini sangat mencolok karena bagian kepalanya yang sangat besar dan lebar. Monkfish juga tergolong sebagai hewan karnivora dengan mulut besar serta gigi yang banyak dan tajam.

Untuk makanan, hewan ini sering memangsa ikan lain yang berukuran kecil. Meskipun berpenampilan menyeramkan, ikan ini aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Bahkan, tekstur dan rasanya seperti lobster, lho!

4. Monyet Bekantan

Monyet bekantan identik dengan hidungnya yang lonjong dan besar yang membuat banyak orang mudah untuk mengingatnya karena bentuknya unik. Hewan yang sebagian besar hidupnya berada di atas pohon ini banyak ditemukan di Pulau Kalimantan.

Menariknya, bayi monyet bekantan lahir dengan wajah berwarna biru dan hidung yang kecil. Namun, semakin beranjak dewasa, wajah hewan ini akan berubah dan hidungnya semakin membesar sehingga membuat hewan ini kelihatan jelek. Meski demikian, monyet bekantan termasuk ke daftar spesies yang terancam punah dan wajib dilindungi ya guys!

5. Babi Kutil

Desember 2017 lalu, Indonesia menjadi sorotan dunia karena seekor babi. Babi yang memiliki nama warty pig atau babi kutil (Sus verrucosus) ini menjadi spesies langka sekaligus paling jelek di dunia.

Tak seperti babi pada umumnya, babi ini memiliki wajah yang jelek dengan ciri khusus yakni adanya surai yang memanjang dari kepala hingga ekor sepanjang tulang belakang. Selain itu, hewan yang berwarna hitam ini juga memiliki tiga pasang benjolan daging yang mengeras seperti kutil di sekitar moncongnya.

Menurut data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN), Babi kutil ini termasuk kedalam kategori hewan langka karena keberadaannya yang terbatas di Pulau Bawean.

6. Burung Kalkun Turki

Tubuhnya yang besar menjadikan burung yang satu ini istimewa dibanding jenis burung lainnya. Namun, dari banyaknya jenis kalkun, ada satu penampilan yang menjadi sorotan publik, Ya.. kalkun Turki.

Kalkun ini dianggap sebagai hewan paling jelek karena memiliki pandangan mata jahat dan tajam layaknya pisau, kepala botak serta leher yang berkerut.

Selain itu, hewan ini juga tergolong sebagai hewan yang jorok lantaran mengkonsumsi bangkai hewan lewat indera penciuman tajam yang dimilikinya.

7. Aye-aye

Hewan terjelek di dunia yang terakhir adalah aye-aye. Makhluk yang terlihat seperti gremlin ini adalah primata yang hanya ditemukan di Madagaskar. Sama seperi kelelawar, Aye-aye juga aktif dan hanya akan beraktivitas pada malam hari saja.

Hewan ini diketahui memiliki beberapa ciri yang tidak biasa, seperti jari tengah yang panjang dan kurus yang mereka gunakan untuk mencabut serangga dan belatung dari batang pohon. Selain itu, primata yang mirip seperti penyihir ini juga memiliki gigi yang terus menerus tumbuh. Hal ini bisa dikatakan tak lazim untuk primata.

Demikian deretan hewan terjelek di dunia yang telah dirangkum Parboaboa.com. Sebagian besar mungkin memang tampak asing di telinga kita lantaran berada di Indonesia ataupun belahan dunia lain. Meski dijuluki sebagai hewan terjelek, tetapi pada dasarnya semua ciptaan Tuhan itu indah, hanya saja mereka memiliki keunikan masing-masing. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kita semua, ya.

Tag : #terjelek    #hewan    #hiburan    #hewan terjelek di dunia    #blobfish    #tikus star nosed mole    #monkfish    #monyet bekantan   

Baca Juga