Barbados Threadsnake, Ular terkecil di dunia (petpintar.com)

5 Hewan Terkecil di Dunia, Ada yang Berukuran Sebesar Ibu Jari!

Wulan | Hiburan | 22-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Hewan di dunia memiliki spesies yang beragam. Setiap spesiesnya juga memiliki ciri serta keunikannya masing-masing, mulai dari bentuk tubuh, ukuran tubuh, dan hal lainnya.

Beberapa hewan yang pernah hidup di dunia memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan jauh lebih besar dari ukuran hewan pada umumnya.

Namun, ada juga hewan yang memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil sampai dikategorikan sebagai hewan terkecil di dunia.

Sebagai makhluk yang kecil, beberapa spesies hewan ini ternyata diuntungkan oleh bentuk tubuhnya. Dengan bentuk yang kecil, spesies ini memiliki banyak pilihan untuk bersembunyi dan melarikan diri dari pemangsa atau hibernasi.

Mungkin Anda sering berpendapat bahwa hewan terkecil di dunia adalah semut. Meski tak sepenuhnya salah, tapi ada beberapa hewan lainnya yang sangat juga berukuran sangat kecil. Kira-kira hewan apa sajakah itu?

1. Pygmy Marmoset

Hewan Pygymy Marmoset atau Marmoset kerdil ini menjadi primati pertama yang memiliki ukuran tubuh terkecil di dunia, bahkan ukuran tubuh hewan yang satu itu hanya sebesar ibu jari. Panjang tubuh yang dimiliki ini diketahui sekitar 117-152 milimeter dan panjang ekornya sekitar 172-229 milimeter.

Tubuh Pygmy Marmoset sendiri berwarna kuning kecoklatan dengan campuran warna abu-abu kehitaman pada bagian kepalanya. Hewan primata ini memiliki leher yang mirip seperti burung hantu, yakni bisa berputar sampai 180 derajat. Meski bertubuh kecil, namun hewan ini bisa melompat sampai ketinggian 5 meter.

2. Bumblebee Bat

Bumblebee Bat atau yang dikenal sebagai Kelelawar Bumblebee ini memiliki panjang dari kepala sampai tubuh kelelawar yakni sekitar 1,14 – 1,3 inci atau 29-33 milimeter saja. lebar sayap yang dimiliki hewan ini diketahui sekitar 6,7 inci atau 170 milimeter dengan besar telinganya 0,4 inci atau 10,2 milimeter. Berat rata-rata dari Bumblebee Bat hanya sekitar 0,7 ons atau 2 gram saja.

Binatang yang satu ini memiliki hidung persis seperti babi krena lubang hidungnya yang berukuran besar dengan septum yang lebar juga. Kelelawar ini berwarna merah kecoklatan dan abu-abu. Tak hanya itu, binatang ini juga memiliki keunikan tersendiri seperti tidak memiliki ekor padahal mempunyai dua tulang belakang.

3. Brookesia Micra

Brookesia Micra atau bunglon yang memiliki ukuran paling kecil di dunia. Hewan ini memiliki tubuh yang hanya berukuran 2-3 centimeter saja. seluruh tubuh bunglon ini mempunyai spinal pada bagian punggungnya yang berjumlah 11-12 ruas. Kulit yang dimiliki Brookesia Micra berwarna coklat kekuningan, serta ekor yang memiliki kecerahan penuh dibandingkan dengan tubuhnya.

Brookesia Micra hanya dapat ditemukan di pulau kecil sebelah utara dari Pulau Madagaskar yang bernama Pulau Nosy Hara. Pulau tersebut diketahui penuh dengan batuan karst dan kapur serta banyak ditumbuhi oleh pohon yang kering. Meski banyak hutan kering, Brookesia Micra cenderung tinggal di tempat yang lembab dengan pohon yang berakar besar. Mereka juga sering tidur di selembar daun atau rumput, mereka lebih suka dekat dengan permukaan tanah.

4. Barbados Threadsnake

Barbados Threadsnake adalah ular terkecil yang berada di Pulau Barbados, Karibia Selatan. Ular ini diketahui sangat jarang ditemui karena hidup di dalam hutan belantara.

Ular ini disebut sebagai ular terkecil di dunia karena memiliki tubuh yang sama dengan cacaing, yaitu panjangnya hanya 10 centimeter dengan lebar lebih dari satu helai spaghetty. Ukuran ular ini juga sangat kecil yakni memiliki diameter 24,266 milimeter. Binatang yang mirip dengan cacing ini hanya memiliki satu warna yaitu berwarna coklat tua.

5. Hiu Lentera Kerdil

Etmopetrus Perryi atau Hiu Lentera Kerdil adalah hiu yang berukuran sangat kecil yang bisa dijumpai di perairan Amerika Serikat, lebih tepatnya di Laut Karibia. Hiu ini berwarna coklat tua dan memiliki bola mata yang besar.

Hiu Lentera Kerdil memiliki ukuran maksimal sebesar 20 centimeter saja. Jika dibandingkan, ukuran hiu betina akan terlihat lebih besar daripada hiu jantan. Hiu ini tinggal di lautan dengan kedalaman 283-439 meter di bawah permukaan laut.

Tag : #hewan    #terkecil    #hiburan    #hewan terkecil di dunia    #pygmy marmoset    #bumblebee bat    #brookesia micra    #barbados threadsnake   

Baca Juga