Daftarhewan paling tinggi yang ada di bumi (Foto: okdogi.com)

7 Hewan Tertinggi di Dunia yang Hidup di Darat, Setinggi Apa?

Wulan | Hiburan | 05-11-2022

PARBOABOA – Tinggi pendeknya makhluk hidup yang ada di bumi disebabkan oleh proses evolusi yang panjang. Semua spesies mengalami evolusi yang sama, bukan hanya manusia, tapi juga pada hewan.

Tentunya, kita mengetahui ada banyak hewan yang memiliki tinggi luar biasa. Naun, kita hanya melihatnya dari sisi kita sebagai manusia. Hewan berevolusi memiliki tinggi karena proses adaptasi mereka untuk bertahan hidup.

Misalnya, hewan predator yang membutuhkan kecepatan untuk mengejar mangsanya butuh kaki yang lebih panjang. Atau hewan yang memakan daun membutuhkan ketinggian untuk bisa menggapai makanan yang akan mereka konsumsi, dan begitu juga seterusnya.

Tahukah kamu, sebenarnya manusia masuk ke dalam makhluk tertinggi di dunia juga, lho. Hanya saja, jika dibandingkan dengan hewan-hewan berikut ini, manusia masih tidak ada apa-apanya.

Hewan Tertinggi di Dunia

Lantas, hewan apa saja yang masuk ke dalam daftar hewan tertinggi di dunia? Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Jerapah

Hewan mamalia dengan ciri khas leher yang panjang ini merupakan hewan tertinggi di dunia yang hidup di darat. Alias, belum ada hewan atau spesies lain yang masih hidup dan mampu menandingi tinggi binatang ini.

Ketika sudah dewasa, jerapah bisa mencapai tinggi sekitar enam meter. Adapun makanan yang biasa dikonsumsi gajah adalah dedaunan dari pohon akasia. Uniknya, mereka bisa makan sekitar 18 jam dalam sehari, lho.

Selain itu, jerapah juga punya lidah yang begitu panjang untuk bisa menggapai makanan favoritnya.

2. Gajah Semak Afrika

Hewan yang memiliki nama latin loxodonta Africana ini memiliki tinggi yang lebih dari jenis gajah pada umumnya. Sekita mereka sudah dewasa, tinggi bisa mencapai sekitar 3,2 meter dari bahu. Semnetara tak berbeda jauh darinya,  ada juga gajah hutan Afrika yang juga memiiki ukuran tinggi badan yang begitu tinggi.

Gajah Semak Afrika memiliki berat hingga 6 ton. Bobotnya yang besar membuat predator ini sulit untuk memangsa. Namun, Gajah Semak Afrika menjadi rentan karena adanya perburuan dan perubahan habitatnya.

3. Burung Unta

Hewan tertinggi di dunia selanjutnya adalah Burung Unta. Burung ini memiliki tinggi badan sekitar 2,8 meter, leher dan kaki yang panjang . salah satu kelebihan yang dikenal dari Burung Unta adalah kecepatannya. Kakinya yang begitu panjang membuatnya bisa berlari dengan kencang, hingga 7,2 kilometer per jam.

4. Beruang Cokelat

Ursus arctos atau grizzly, adalah sebutannya di Amerika Utara. Beruang Cokelat juga menjadi hewan selanjutnya di terdaftar dalam daftar ini. Mereka adalah salah satu hewan karnivora terbesar yang ada di bumi saat ini.

Tingginya bisa mencapai 1,5 m saat merangkak, dan mencapai 2,4 meter saat berdiri. Beruang grizzly kini menempati berbagai habitat di Amerika Utara dan Eurasia.

5. Rusa Alaska

Masih dari benua Amerika Utara, hewan tertinggi di dunia berikutnya adalah Rusa Alaska atau alces gigas. Rusa Alaska memiliki tinggi 2,3 meter. Tapi, tanduknya tidak masuk dalam hitungan tinggi tersebut.

Rusa Alaska merupakan hewan herbivora dan dapat menghabiskan hingga 31 kg makanan favoritnya setiap hari. Uniknya, terkadang ia suka memakan rumput pendek. Tapi semak dan rerumputan yang lebih tinggi tentu ia lebih sukai karena lebih mudah digapai.

6. Unta Dromedaris

Unta yang memiliki punuk satu ini memiliki nama latin yakni camelus dromedaris. Ini merupakan spesies unta yang paling tinggi dan mampu bertahan hidup hingga saat ini. Ia memiliki tinggi maksimal hampir 2 meter. Selain itu,  unta ini juga memiliki nama lain yakni unta arab.

Sayangnya, jenis asli unta ini sudah punah. Kini jenis unta dromedaris yang tersisa adalah unta semi-domestika.

7. Kuda Shire

Kuda asli Inggris ini adalah hewan tertinggi di dunia yang terakhir. Ratusan tahun yang lalu, ‘nenek moyang’ dari kuda shire mengikuti berbagai peperangan.

Tinggi kuda shire bisa mencapai sekitar 1,5 meter. ukuran ini sangat bisa mengintimidasi. Mungkin itulah yang menjadi alasan mengapa kuda ini sering dipakai dalam berperang.

Namun, tinggi tersebut hanya terdapat pada badannya saja. Jika ditambah lagi dengan tinggi leher dan kepalanya, maka tingginya bisa lebih bervariasi lagi.

Itulah 7 hewan tertinggi di dunia yang sudah kami sajikan. Dari ketujuh hewan di atas, mana nih yang pernah kamu lihat secara langsung?

Tag : #tertinggi    #hewan tertinggi    #hiburan    #jerapah    #gajah semak afrika    #burung unta    #beruang cokelat    #rusa alaska    #unta   

Baca Juga