Manfaat jalan kaki selama 30 menit sehari (celebrithink.com)

Hindari Penyakit Kronis dengan Berjalan Kaki Selama 30 Menit Sehari

Sari | Kesehatan | 05-07-2022

PARBOABOA – Belakangan aktivitas jalan kaki masyarakat Indonesia mulai berkurang. Apalagi untuk mereka yang bermukim di kota-kota besar. Selain telah dimanjakan dengan berbagai kemudahan moda transportasi, infrastruktur yang tidak ramah bagi pejalan kaki menjadi penyebab utama.

Padahal jalan kaki memliki banyak manfaat untuk kesehatan, loh. Olahraga yang sederhana ini bisa dilakukan kapan saja.

Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut Parboaboa rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat jalan kaki selama 30 menit setiap hari untuk kesehatan.

Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari

Berikut adalah manfaat dari jalan kaki setiap hari:

1. Menghindari Penyakit Kronis

Rutin berjalan kaki setiap hari akan menurunkan kadar gula darah dan mencegah risiko diabetes. Hasil penelitian yang dilakukan American College of Cardiology menyebutkan 1000 langkah setiap hari bisa menurunkan tekanan darah sistolik.

2. Memperkuat Fisik Tubuh

Berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari sangat berguna untuk membuat fisik tubuh menjadi lebih kuat, seperti meningkatkan kekuatan otot paha, betis, dan seluruh bagian kaki. Anda bisa mencoba berjalan di area yang menanjak atau menurun agar kekuatan kaki semakin optimal.

3. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, maka jalan kaki selama 30 menit sehari bisa banget dicoba untuk meningkatkan respon tubuh terhadap insulin. Hal ini bisa mengurangi lemak dalam perut.

Dengan berjalan kaki juga bisa meningkatkan metabolisme dan membakar kalori yang menumpuk menjadi lemak. Dalam sebuah studi menunjukkan, berjalan kaki selama 30 menit sehari bisa membakar 200 kalori per minggu.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Setelah Anda mengonsumsi makanan berat, upayakan untuk tidak berdiam, seperti menonton TV atau malah tidur, hal ini bisa mengganggu kinerja sistem pencernaan Anda. Jadi, sangat dianjurkan setelah makan untuk berjalan beberapa langkah.

5. Memicu Kreativitas

Hasil penelitian dalam Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition (2014) menunjukkan bahwa jalan kaki bisa memicu kreativitas. Untuk membuktikan hal ini, Anda bisa berjalan kaki di pagi hari, dan mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi sebagai sumber vitamin D terbaik.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, mulai hidup sehat dengan cara sederhana dan pastinya lakukan secara turin, ya.

Tag : #manfaat jalan kaki    #penyakit kronis    #kesehatan    #menurunkan berat badan    #olahraga ringan   

Baca Juga