Seng rumah warga rusak (DOK Humas BNPB)

Hujan Deras dan Angin Kencang Terjang 74 Rumah di Langkat

Sarah | Daerah | 13-05-2022

PARBOABOA, Langkat - Hujan deras dan angin kencang baru saja menerjang wilayah Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Akibatnya, puluhan rumah mengalami kerusakan.

Kabid Kesiapsiagaan BPBD Langkat, Iriyadi Suker menyatakan angin kencang merusak sedikitnya 74 rumah warga.

"Hujan deras dan angin kencang yang terjadi sejak siang menyebabkan 74 rumah warga yang rusak. Saat ini petugas masih melakukan pendataan," kata Suker.

Iriyadi menyebut, peristiwa itu terjadi di tiga kecamatan antara lain, Kecamatan Padang Tualang totalnya 65 rumah, di Kecamatan Wampu ada 5 rumah, dan di Kecamatan Hinai sebanyak 4 rumah yang rusak.

"Angin kencang dan hujan lebat mengakibatkan atap rumah warga lepas, pohon tumbang menimpa rumah warga dan terdapat tiang listrik yang tumbang dan memutuskan jaringan listrik, " paparnya.

"Tidak ada korban jiwa. Tim juga telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan pihak desa/ kelurahan. Kemudian memonitor prakiraan cuaca," sambungnya.

Sementara itu, BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca harian untuk untuk Provinsi Sumatra Utara, yang didominasi akan ada hujan ringan pada 12 Mei 2022. Serta cuaca cerah berawan dan hujan ringan pada 13 Mei 2022.

Kajian inaRISK juga menunjukan bahwa Kabupaten Langkat memiliki potensi bahaya cuaca ekstrem pada tingkat sedang hingga tinggi.

Tag : #bencana alam    #langkat    #daerah    #bpbd    #hujan    #angin kencang    #berita sumut   

Baca Juga