penampakan Konawe Utara Sultra sehabis banjir bandang.

Hujan Deras, Konawe Utara Diserang Banjir Bandang

sondang | Daerah | 13-07-2021

Kabupaten Konawe Utara baru saja dilanda banjir bandang pada senin (12/7/2021) akibat hujan yang sangat deras. Banjir bandang terjadi di tiga kecamatan di Kabupaten Konawe Utara akibat hujan deras menyebabkan Sungai Anggomate dan limpasan debit air kolam bekas tambang meluap, sementara pihak BPBD mencatat sebanyak 434 unit rumah, 32 unit sekolah, 5 unit rumah ibadah dan 8 unit puskesmas rusak namun tidak ada korban jiwa.

Saat ini beberapa warga berada di SD Negeri 07 Molawe dengan kondisi halaman sekolah dipenuhi material banjir bandang.

"Hujan dengan intensitas tinggi memicu debit air Sungai Anggomate hingga meluap sehingga beberapa desa di tiga kecamatan terdampak," ujar Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya seperti dilansir dari Antara, Selasa (13/7/2021).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Utara membeberkan empat desa di tiga kecamatan yang terdampak banjir tersebut. Desa terdampak yaitu Desa Labunga dan Laronanga di Kecamatan Andowia, Desa Pondoa di Kecamatan Wiwirano dan Desa Tambakua di Kecamatan Lanyukima.

Berdasarkan analisis inaRISK, Kabupaten Konawe Utara wilayah dengan potensi bahaya banjir kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 10 kecamatan dengan cakupan lebih dari 19 ribu hektare berada pada potensi bahaya tersebut.

Tag : #nasional   

Baca Juga