Ilustrasi Hyperloop Transportasi Masa Depan (Dok. ZELEROS HYPERLOOP)

Hyperloop Indonesia, Transportasi Masa Depan yang Masih di Angan-Angan

Olivia | Teknologi | 07-05-2022

PARBOABOAHyperloop adalah konsep sistem transportasi berbentuk kapsul yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Transportasi masa depan ini diciptakan memiliki tekanan rendah sehingga memungkinkan kapsul ini melesat dengan cepat.

Keunggulan Hyperloop, seperti memiliki kecepatan mencapai 1300 km/jam, yang jika dihitung berarti dapat menempuh Jakarta-Surabaya hanya dalam waktu 56 menit.

Hyperloop Indonesia pertama kali digagas pada tahun 2013, disaat Elon Musk menerbitkan Hyperloop Alpha. Meski ide tersebut telah dikemukakan, dia justru tidak menyinggung konsep-konsep terkait hal tersebut.

Disisi lain, sebuah perusahaan transportasi asal Amerika Serikat, Hyperloop Transportation Technologies Inc, berencana membangun moda transportasi itu di Indonesia. Walau memiliki kemiripan dengan kereta pada umumnya, namun teknologi yang digunakan di klaim menjadi yang tercepat di dunia.

Mode transportasi canggih ini tidak memiliki rangkaian gerbong seperti kereta. Hyperloop hanya mengandalkan satu kapsul untuk sekali perjalanan saja.

Sebagai pendukung perencanaan tersebut, Transportation Technologies Inc, membentuk sebuah PT bernama PT Hyperloop Transtek Indonesia yang nantinya akan banyak berperan untuk pembangunan hyperloop di Indonesia.

Penandatanganan kontrak untuk studi kelayakan telah dilakukan di Jakarta, yang disaksikan oleh Kementerian Perhubungan.

Chairman Hyperloop Transportation Technologies Inc, Bibop G Gresta menjelaskan bahwa Hyperloop tidak membutuhkan lahan yang luas dalam pembuatannya. Pembangunan moda transportasi itu juga bisa dilakukan di atas jalan tol, pemerintah cukup memberikan izin pengembangan dan proses pengoperasian selanjutnya diserahkan kepada pihak yang berminat, seperti Kementerian Perhubungan.

Dalam kesempatan yang sama, Chairman PT Hyperloop Transtek Indonesia (Hyperloop Indonesia) menambahkan, kini tercatat sudah tersedia tiga rute yang dipersiapkan pada tahap awal. Ketiga rute itu akan menghubungkan Kabupaten Tangerang – Kota Tangerang, Bandara Soekarno Hatta – Kota Tangerang dan Bandara Soekarno Hatta – Halim Perdana Kusuma.

Kita doakan saja, semoga semua perencanaan yang bertujuan memajukan moda transportasi di tanah air dapat segera terealisasikan, dan masyarakat Indonesia dapat segera menikmati Hyperloop tersebut.

Tag : #masa depan    #hyperloop    #teknologi    #transportasi    #indonesia    #kereta    #kereta cepat    #kementrian perhubungan    #elon musk   

Baca Juga