Situasi Puskesmas Siunggam (Facebook/@amir.h.harahap.92)

Puskesmas Kosong Akibatkan Ibu dan Anak di Paluta Meninggal Dunia

Sarah | Daerah | 11-05-2022

PARBOABOA, Paluta - Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria sedang marah-marah di salah satu Puskesmas yang berada di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) viral di media sosial.

Video itu semula diunggah oleh akun Facebook bernama Amir Hamzah Harahap, yang kemudian kembali diviralkan di platform media sosial lain termasuk akun Instagram @andreli_48.

Berdasarkan keterangan video, peristiwa itu terjadi di Puskesmas Siunggam, Kabupaten Paluta, Sumatera Utara (Sumut) pada Selasa (10/5/22) sekitar pukul 15.00 WIB, kemarin.

"Video Puskesmas Siunggam, viral dengan narasi pasien meninggal tanpa pertolongan," ujar @andreli_48, Rabu (11/5/22).

Dalam video yang beredar, seorang pria mengaku kesal lantaran adik perempuannya dan anak  adiknya tidak dapat tertolong (meninggal dunia) akibat tidak adanya petugas medis di Puskesmas tersebut.

“Jam berapa ini sudah tutup. Puskesmas macam apa ini, sudah tidak ada pegawainya lagi. Masa sopir ambulans tidak ada, kalian tengok, jam berapa sekarang. Masa sopir ambulans tidak ada, sampai menelan korban jiwa tidak tertolong,” kesal pria itu dengan emosi menggambarkan suasana Puskesmas tersebut.

“Mana orangnya semua, katanya buka, gak ada. Puskesmas seperti apa ini, lihat ini anakku ini boruku ini meninggal. Meninggal gara-gara tidak ada sopir, tengok itu, adikku juga meninggal karena tidak ada sopir ambulans, Puskesmas macam apa ini. Begini Pemerintah Kabupaten Padanglawas, Puskesmas macam apa, anak saya meninggal,” ucap kekesalan pria itu sambil merekam jenazah di ambulans yang diiringi tangisan keluarga.

Sontak video tersebut memancing beragam komentar dari warganet.

“Ini Puskesmas apa kuburan,” tulis akun @yeniri***

“Lagi-lagi puskesmas, menyedihkan,” tulis akun @roney***

“Orang miskin dilarang sakit yah bestie,” sindir akun @ibrahi***

Tag : #puskesmas siunggam    #paluta    #daerah    #video viral    #berita sumut   

Baca Juga