Ikan Hias yang Cocok Dipelihara di Aquarium

Ikan Hias Aquarium (Foto: Pinterest @aquariumtidings)

PARBOABOA - Ikan hias adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak diminati karena keindahan warna serta bentuk tubuhnya yang menarik. Banyak orang yang memelihara ikan hias di akuarium untuk mempercantik ruangan.

Salah satu cara untuk mempercantik suasana ruangan adalah dengan memelihara ikan hias di dalam akuarium. Ada banyak jenis ikan hias yang memiliki keindahan dan keunikan yang berbeda-beda.

Ikan hias merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak diminati oleh banyak orang. Beragam warna yang dimilikinya mampu membuat suasana ruangan menjadi lebih hidup dan menarik.

Salah satu jenis ikan hias yang paling terkenal dan paling dicari oleh penggemar ikan hias adalah ikan hias akuarium. Ikan hias akuarium terdiri dari banyak jenis dan varietas yang berbeda, masing-masing memiliki keindahan yang unik.

Berikut ini Parboaboa telah merangkum beberapa jenis ikan hias akuarium tercantik yang dapat menjadi pilihan bagi para pecinta ikan hias. Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Ikan Hias Discus

Gambar Ikan Hias Discus (Foto: Pinterest @bobbymelton)

Ikan hias discus (Symphysodon spp.) adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat populer di kalangan penggemar ikan hias. Discus merupakan ikan yang berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan. Mereka memiliki bentuk bulat dan pipih dengan warna-warna yang indah dan cerah seperti merah, biru, hijau, oranye, kuning, dan putih.

Discus dikenal sebagai ikan yang pemalu dan membutuhkan lingkungan yang tenang dan stabil untuk tumbuh dengan baik. Mereka membutuhkan air yang bersih dan kondisi pH yang tepat (antara 6,0 dan 7,5) serta suhu air yang konstan (antara 26-30 derajat Celsius).

2. Ikan Hias Koi

Gambar Ikan Koi (Foto: Pinterest @scottbange)

Ikan hias koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang populer di seluruh dunia, terutama di Asia. Ikan ini memiliki bentuk yang indah dengan warna-warna yang mencolok dan pola yang unik, sehingga sering dipelihara sebagai ikan hias.

Asal usul ikan koi berasal dari Jepang, di mana ikan ini sejak lama telah menjadi simbol kebahagiaan, kesuksesan, dan keindahan dalam budaya Jepang.

Ikan koi dapat ditemukan di berbagai jenis habitat, seperti sungai, danau, dan kolam. Namun, untuk keperluan pemeliharaan di akuarium, dibutuhkan kolam yang cukup besar dan air yang bersih. Ikan koi juga membutuhkan suhu air yang stabil dan nutrisi yang tepat untuk dapat tumbuh dengan sehat.

3. Ikan Guppy

Gambar Ikan Guppy (Foto: Pinterest @freepik)

Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan hias akuarium yang terkenal karena kecantikan dan keunikannya. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan dan memiliki warna yang beraneka ragam, mulai dari merah, biru, hijau, kuning, hingga ungu.

Selain itu, ikan guppy juga memiliki bentuk tubuh yang kecil dan ramping, sehingga sangat cocok untuk ditempatkan di dalam akuarium kecil.

4. Ikan Neon Tetra

Gambar Ikan Neon Tetra (Foto: Pinterest @senzealaquarium)

Ikan neon tetra merupakan salah satu jenis ikan hias akuarium yang terkenal karena kecantikan dan keunikannya. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan dan memiliki warna yang sangat mencolok, yaitu biru terang yang melintang di atas tubuhnya yang kecil. Selain itu, ikan neon tetra juga sangat aktif dan lincah di dalam air, sehingga sangat menarik untuk dilihat.

5. Ikan Angelfish

Gambar Ikan Angelfish (Foto: freetheocean.com)

Ikan angelfish merupakan salah satu jenis ikan hias yang terkenal karena kecantikan dan keunikannya. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan dan memiliki bentuk tubuh yang unik, yaitu mirip dengan sayap malaikat. Selain itu, ikan angelfish juga memiliki warna yang beraneka ragam, mulai dari merah, biru, hitam, kuning, hingga perak.

6. Ikan Corydoras

Gambar Ikan Corydoras (Foto: Pinterest @thespruceofficial)

ikan Corydoras biasanya hidup di air tawar di Amerika Selatan dan Amerika Tengah, dan terdapat lebih dari 150 jenis Corydoras yang telah diidentifikasi. Beberapa jenis Corydoras yang populer di antaranya adalah Corydoras sterbai, Corydoras panda, dan Corydoras julii.

Corydoras merupakan ikan yang cukup mudah dipelihara di dalam akuarium dengan syarat-syarat tertentu seperti ukuran akuarium yang memadai, kualitas air yang baik, dan makanan yang sesuai. Ikan Corydoras adalah ikan yang hidup dalam kelompok, sehingga sebaiknya dipelihara dalam kelompok minimal 3 ekor agar ikan dapat berinteraksi dan merasa nyaman.

Ikan Corydoras juga dikenal sebagai ikan pemakan sisa-sisa makanan, sehingga sebaiknya memberikan pakan yang lengkap dan seimbang. Makanan yang cocok untuk ikan Corydoras antara lain makanan pelet ikan, cacing sutera, dan udang kecil.

Itulah beberapa jenis ikan hias akuarium tercantik yang dapat menjadi pilihan bagi para pecinta ikan hias. Sebelum memilih jenis ikan hias yang akan dipelihara, pastikan untuk mengetahui kebutuhan dan karakteristik masing-masing.

Saksikan juga ulasan selengkapnya di platform media sosial Parboaboa:

YouTube/Parboaboa

TikTok/Parboaboa

Instagram/Parboaboa

Twitter/Parboaboa

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS