AS, Indonesia, Jerman, Senegal, dan Belize akan menjadi tuan rumah bersama konferensi tingkat tinggi (KTT) Global Covid-19 kedua yang akan diadakan secara virtual pada 12 Mei mendatang. AFP

Indonesia bakal jadi Tuan Rumah KTT Global Covid-19

Dion | Internasional | 20-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Indonesia, Amerika Serikat (AS), Jerman, Senegal, dan Belize akan menjadi tuan rumah bersama konferensi tingkat tinggi (KTT) Global Covid-19 kedua yang akan diadakan secara virtual pada 12 Mei mendatang. 

Dilansir kantor berita Antara, Rabu (20/4/2022), pemerintah AS dalam siaran pers kedutaan besarnya di Jakarta, menyatakan kelima negara sepakat menjadi tuan rumah bersama KTT itu menurut perannya masing-masing.

AS sebagai Ketua KTT Covid-19 pertama, Belize sebagai Ketua Komunitas Karibia (CARICOM), Jerman sebagai Presiden G7, Indonesia sebagai Presiden G20, dan Senegal sebagai Ketua Uni Afrika.

KTT itu bertujuan untuk menggandakan upaya bersama dunia dalam mengakhiri fase akut pandemi Covid-19 dan menyiapkan diri untuk menghadapi ancaman kesehatan di masa depan. 

KTT itu merupakan kelanjutan KTT Global Covid-19 pertama yang diadakan oleh AS pada 22 September 2021.

Menjelang KTT kedua pada 12 Mei, kelima negara menyerukan kepada para pemimpin dunia, masyarakat madani, lembaga swadaya masyarakat, filantrop, dan sektor swasta untuk membuat komitmen baru.

Kemunculan dan penyebaran varian-varian baru virus corona, seperti Omicron, telah mempertegas kebutuhan strategi untuk mengendalikan Covid-19 di seluruh dunia.

Untuk itu, kelima negara mengajak dunia untuk bersama-sama memitigasi dampak Covid-19 dengan melindungi kelompok-kelompok warga yang paling berisiko dengan vaksinasi, melakukan tes dan perawatan, serta aksi-aksi untuk meminimalkan gangguan terhadap layanan kesehatan rutin.

"Kita tahu bahwa kita harus mempersiapkan diri sekarang untuk membangun, mempertahankan, dan mendanai kapasitas global yang dibutuhkan, bukan hanya untuk varian-varian baru Covid-19, tapi juga krisis kesehatan di masa depan," tulis pernyataan itu.

Untuk mencapai tujuan itu, semua negara dan pemangku kepentingan didorong untuk mengambil tindakan segera guna menciptakan sistem yang dibutuhkan untuk mengakhiri fase akut Covid-19, menyelamatkan nyawa, dan membangun ketahanan kesehatan yang lebih baik.

KTT Global Covid-19 kedua itu akan melanjutkan tema dan komitmen yang dibuat di KTT pertama dan menegaskan dukungan terhadap solusi tantangan mendesak dan jangka panjang dengan kepemimpinan di tingkat lokal.

"Kami nantikan KTT sukses berikutnya untuk melanjutkan upaya internasional dalam melawan Covid-19 dan mendorong kesiapsiagaan pandemi global," lanjut pernyataan itu.

Tag : #ktt global covid 19    #indonesia    #internasional    #amerika serikat    #jerman    #senegal    #belize   

Baca Juga