Tim Nasional Indonesia.

Indonesia Dipastikan Masuk 'Grup Neraka' Piala AFF 2020

Maraden | Olahraga | 21-09-2021

PARBOABOA, Jakarta – Meski undian Piala AFF 2020 bakal digelar secara virtual besok, Selasa 21 September 2021, namun bocoran draf undian telah diketahui. Dari bocoran itu, dipastikan Tim Nasional Indonesia masuk dalam pot 3 undian Piala AFF 2020. Di pot 3, Timnas Indonesia dan juga Filipina berpotensi tergabung dalam grup neraka.

Skuad yang dilatih oleh Shin Tae-yong berpotensi satu grup dengan Thailand, Malaysia, dan Singapura. Atau bisa juga menjadi satu grup dengan Vietnam, Malaysia, dan Singapura.

Timnas Indonesia kerap kesulitan jika tergabung dengan Thailand, Filipina, Malaysia, Vietnam dan Singapura. Walaupun tim-tim tersebut sudah pernah dikalahkan Indonesia selama tampil di Piala AFF, namun Thailand dan Malaysia selalu jadi momok bagi Indonesia.

PSSI sendiri memberikan target yang tinggi kepada Timnas Indonesia pada turnamen elite antar tim Asia Tenggara itu. Pelatih Shin Tae-yong diwajibkan memberikan gelar perdana di Piala AFF 2020.

Presiden AFF, Khiev Sameth mengatakan pihaknya akan mengadakan undian peseerta AFF dengan cara virtual utuk memberikan kejelasan tentang turnamen sehingga masing-masing tim bisa langsung mempersiapkan diri

 "Kami telah memutuskan untuk melakukan pengundian resmi secara virtual. Hal ini dirasa penting agar semua tim bisa langsung mempersiapkan diri," kata Presiden AFF, Khiev Sameth.

Turnamen sepakbola antar negara se-Asia Tenggara ini dulunya terkenal dengan nama Piala Tiger. Turnamen ini masih menjadi momok bagi Timnas Indonesia yang tak pernah menjadi juara .Timnas Indonesia hanya mampu menjadi runner-up selama lima kali.

Piala AFF 2020 yang seharusnya dilaksanakan pada tahun lalu, namun tertunda akibat pandemi Covid-19, akan digelar pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Ajang itu akan menjadi menjadi momentum terbaik bagi Timnas Indonesia untuk meraih gelar pertamanya.

Piala AFF 2020 akan digelar menggunakan format baru. Nantinya, AFF akan menunjuk negara yang dirasa aman untuk menggelar turnamen sebagai tuan rumah. Hal ini terkait masalah kesehatan dimana sebagian negara di Asia Tenggara masih berperang melawan pandemi yang diakibatkan Virus Corona.

Langkah pemilihan negara tuan rumah ini dilakukan untuk memudahkan proses pengendalian dan antisipasi tim dari pandemi COVID-19. Namun sampai saat ini, belum ada negara yang menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah Piala AFF 2020.

Tag : #olahraga    #piala aff 2020    #pssi    #shin tae-yong    #grup neraka aff 2020   

Baca Juga