Syabda Perkasa Belawa (dok Instagram @syabdaperkasa)

Penyisihan Ketiga Grup A Thomas Cup: Indonesia Juara Grup Setelah Kalahkan Korea Selatan

Rini | Olahraga | 12-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Penyisihan ketiga Grup A Thomas Cup telah selesai digelar di Impact Arena, Bangkok pada Rabu (11/5). Indonesia bertemu dengan Korea Selatan untuk memperebutkan gelar juara Grup A.

5 wakil dari tim putra Indonesia telah berjuang dan berhasil membuat Korea Selatan kalah tipis dengan skor 3-2.

Penyisihan ketiga ini dimulai dari pertemuan antara tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dengan Heo Kwanghee. Sayangnya, Ginting takluk setelah rubber game dengan skor akhir 16-21, 21-15, 14-21.

Dalam tiga laga penyisihan yang dilakoni tim putra Indonesia di Thomas Cup 2022, Ginting yang berstatus tunggal putra andalan Indonesia selalu takluk di tangan lawan.

Pada penyisihan pertama, Ginting dikalahkan Loh Kean Yew. Kemudian disusul kekalahannya melawan Kunlavut Vitidsarn di penyisihan kedua.

Dengan kekalahan Ginting ini, Indonesia tertinggal 0-1 atas Korea Selatan.

Pertandingan kemudian dilanjutkan oleh Mohammad Ahsan yang berpasangan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Pasangan dadakan ini berhadapan dengan Kang Minhyuk/Seo Seungjae.

Pasangan Korea Selatan ini menambah jarak keunggulan setelah menaklukkan Ahsan/Kevin dalam rubber game dengan skor akhir 18-21, 21-13, dan 12-21.

Namun tim putra Indonesia berhasil mengejar ketertinggalan poin setelah wakil ketiga, yakni Shesar Hiren Rhustavito berhasil menaklukkan tunggal putra Korea Selatan, Jeon Hyeok Jin dalam rubber game dengan skor 19-21, 21-8, 21-10.

Kemudian Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga unggul atas Yong Jin/Na Sung Seung. Fajar/Rian menang dalam pertarungan dua babak langsung dengan skor akhir 23-21, 21-16.

Skor dengan cepat berubah menjadi 2-2. Wakil terakhir tunggal putra menjadi juru kunci penentu juara Grup A ini.

Syabda Perkasa Belawa menjadi pahlawan Indonesia setelah berhasil merebut poin dari Lee Yun Gyu dalam pertarungan tiga babak dengan skor akhir 21-14, 11-21, dan 21-16.

Pertarungan Indonesia melawan Korea Selatan ini ditutup dengan kemenangan merah putih dengan skor 3-2 atas Korea Selatan.

Dengan demikian Indonesia memastikan menjadi Juara Grup A, sedangkan Korea Selatan menjadi runner up.

Perjuangan di Thomas Cup ini akan kembali dilanjutkan di babak perempat final Thomas Cup 2022 yang akan digelar pada Kamis (12/5).

Menurut hasil drawing yang telah dirilis, Indonesia akan berhadapan dengan China, kemudian Taiwan melawan Jepang di blok atas. Sedangkan untuk blok bawah, India akan bertemu dengan Malaysia dan Korea Selatan akan berjumpa Denmark.

Tag : #thomas cup    #bulu tangkis    #olahraga    #indonesia vs korea selatan    #anthony ginting    #kevin sanjaya    #syabda perkasa belawa   

Baca Juga