Indonesia naik satu tingkat ke posisi 159 di peringkat terbaru FIFA (Foto: Instagram/PSSI)

Peringkat Terbaru FIFA: Indonesia Naik Ke Peringkat 159, Brasil Geser Belgia Dari Puncak

Michael | Sepakbola | 01-04-2022

Parboaboa.com – Posisi Indonesia terus membaik di peringkat FIFA pada tahun ini. Berdasarkan daftar yang dikeluarkan induk organisasi sepakbola internasional itu, Kamis (31/3), Indonesia berada di posisi ke-159.

Posisi itu lebih baik dibandingkan bulan lalu, karena Indonesia berhasil naik satu tingkat dari sebelumnya di peringkat ke-160. Hanya saja, Indonesia berhasil dilewati Singapura yang pada bulan lalu berada di posisi ke-161.

Perubahan posisi yang tidak signifikan ini disebabkan Indonesia tidak menjalani pertandingan internasional di Kalender FIFA pada akhir Maret ini. Sedangkan Singapura menjalani dua pertandingan melawan Malaysia dan Filipina yang berakhir dengan kemenangan 2-1 dan 2-0.

Di lain sisi, posisi Vietnam yang sempat statis sejak akhir tahun lalu, kini mengalami perubahan. Vietnam naik dua tingkar ke posisi 96 setelah mereka sukses menahan imbang Jepang 1-1 di putaran final kualifikasi Piala Dunia 2022.

Secara keseluruhan, Vietnam tetap memimpin peringkat tertinggi di Kawasan Asia Tenggara, sementara Indonesia berada di posisi ketujuh. Thailand yang berada di peringkat ke-111 menempati posisi kedua, diikuti Filipina (133), Myanmar (152), Malaysia (154), dan Singapura (158).

Sedangkan untuk kawasan Asia, Iran masih menjadi yang terbaik dengan menempati peringkat ke-21. Posisi Iran diikuti Jepang yang berada di posisi ke-23, dilanjutkan Korea Selatan (29), Australia (42), Arab Saudi (49), dan tuan rumah Piala Dunia 2022 yaitu Qatar (51).

Sementara itu di papan atas, Brasil sukses merebut puncak peringkat FIFA menggeser Belgia. Ini untuk pertama kalinya Belgia kehilangan posisi puncak yang mereka raih pada Oktober 2018 lalu. Untuk Brasil, ini menjadi pertama kalinya mereka kembali berada di posisi puncak sejak terakhir kali mereka rasakan pada Januari 2007.

Sedangkan posisi di bawah kedua negara tersebut tidak banyak mengalami perubahan. Prancis tetap menempati peringkat ketiga, diikuti Argentina, Inggris, Italia, Spanyol, dan Portugal.

Meksiko mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah mereka berhasil menduduki peringkat kesembilan. Pada bulan lalu, Meksiko berada di luar sepuluh besar dengan berada di posisi ke-12. Keberhasilan Meksiko menembus sepuluh besar membuat mereka menggeser Belanda yang turun satu peringkat.
 

Tag : #Timnas Indonesia    #Peringkat FIFA    #Brasil    #Belgia    #Sepakbola    #FIFA   

Baca Juga