Ilustrasi

Ini 5 Fitur Baru WhatsApp yang Akan Meluncur Tahun Depan

Wanovy | Teknologi | 02-12-2021

Setelah bergabung dalam induk perusahaan baru Meta, aplikasi WhatsApp terus melakukan pembaharuan di fitur-fitur mereka. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman baru pada penggunanya.

Ada beberapa fitur baru untuk para penggunanya di seluruh dunia. Seperti dilansir beberapa sumber dari WABetaInfo . Berikut 5 fitur yang ingin diluncurkan WhatsApp beberapa waktu ke depan:

1. Pengaturan privasi untuk “Last Seen”

WhatsApp sedang menguji fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan last seen atau “Terakhir Terlihat”, foto profil dan status mereka dari kontak tertentu. Fitur ini sedang diuji pada versi beta Android dan iOS.

Saat ini, WhatsApp memberikan tiga opsi kepada pengguna: menunjukkan gambar tampilan mereka, Terlihat Terakhir, dan status ke “Semua Orang”, “Tidak Ada”, dan “Kontak Saya”.

Namun, sesuai laporan di WABetaInfo, WhatsApp sekarang akan menambahkan opsi lain yang akan berbunyi: “Kontak Saya … Kecuali,” dan akan memungkinkan pengguna untuk memilih siapa yang akan menyembunyikan status dan gambar profil terakhir mereka.

2. Nonton Instagram Reels di WhatsApp

Berada dalam satu naungan perusahaan induk yang sama, WhatsApp dikabarkan menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna bisa menonton Reels langsung dari dalam aplikasi WhatsApp.

Mirip TikTok, Reels adalah fitur video pendek berdurasi kurang dari 1 menit di Instagram. Fitur baru ini disinyalir sebagai bagian dari rencana pengintegrasian WhatsApp dengan aplikasi lainnya di bawah naungan Meta (dulu Facebook).

3. Delete for everyone tanpa batas waktu

WhatsApp disebut tengah menyiapkan fitur delete for everyone tanpa batas waktu. Dengan fitur ini, pengguna dapat menarik kembali (unsend) pesan yang sudah terlanjur dikirim ke teman chat, baik di raung obrolan personal maupun grup kapan pun diinginkan.

WABetaInfo melaporkan, pihaknya masih bisa menggunakan opsi delete for everyone pada pesan yang dikirim tiga bulan yang lalu.

Biasanya fitur tersebut memiliki batas waktu maksimal, yakni 4.096 detik alias 1 jam 8 menit 16 detik sejak pesan dikirimkan.

Apabila lewat dari batas waktu itu, opsi "delete for everyone" akan hilang dan pesan tak lagi bisa di-unsend. Jadi, pengirim pesan harus cepat-cepat menarik pesan miliknya.

4. Dukungan Multi-device

WhatsApp juga diketagui sedang menyiapkan fitur baru berupa dukungan dengan multi-device atau banyak perangkat.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menautkan satu akun WhatsApp di empat perangkat sekaligus seperti PC/desktop, smartphone, serta tablet. Fitur ini diketahui sudah mulai diuji coba ke pengguna WhatsApp versi beta.

Menariknya, fitur ini memungkinkan akun WhatsApp di empat perangkat tersebut bisa digunakan tanpa bergantung pada ponsel dengan nomor yang terdaftar.

Biasanya, ketika pengguna ingin menggunakan WhatsApp di perangkat lain seperti aplikasi desktop atau web, ponsel dengan nomor yang terdaftar harus tetap online.

5. Read Later

WhatsApp dilaporkan tengah menyiapkan fitur "Read Later" (baca nanti) sebagai versi peningkatan sekaligus menggantikan fitur "Archived Chats".

Dengan fitur ini, pengguna bisa menyortir pesan masuk dari siapa pun untuk dibaca di kemudian hari. Sama seperti "Archive Chat", setiap chat yang dipindahkan ke "read later" nantinya akan otomatis dibisukan (muted) dan tidak akan menampilkan notifikasi lagi.

Yang membuat fitur "Read Later" berbeda dari "Archived Chat" adalah, pengguna dapat menonaktifkan fitur "Read Later" di opsi pengaturan pesan.

Fitur "Read Later" ini juga disebut bakal dibekali mode liburan (vacation mode). Meski begitu, belum ada informasi lebih lanjut soal mode liburan tersebut.

Tag : #whatsapp    #fitur baru    #wa beta    #reels    #archived chats    #last seen    #read later   

Baca Juga