Hal yang berada di kepala saat dirimu stress

Ini Cara Atasi Stress Akibat PPKM, Mari Simak!

sondang | Kesehatan | 08-07-2021

Dengan diberlakukan nya PPKM, pasti memicu stress bagi kita masyarakat. Bahkan, beberapa orang merasa seperti kembali ke situasi awal pandemi Covid-19. Berbagai ketidakpastian muncul, terlebih angka kasus Covid-19 pun semakin naik. Namun, dalam situasi inilah kita dianjurkan bukan hanya menjaga kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental.

Berikut cara untuk mengatasi stress di saat PPKM berlangsung:

1. Pentingnya Mengambil jeda. Ambillah jeda dari situasi yang membuat mu stress, yaitu semua hal mengenai Covid-19. Mendapatkan informasi adalah hal yang baik, namun mendengarnya terus-menerus bisa menimbulkan kejenuhan dan emosi lainnya.

2. Merawat diri. Kita bisa mulai merawat diri dari hal-hal yang membuat tidak nyaman. Hal ini bisa dimulai dengan mengenal kondisi tubuh kita dengan melakukan meditasi atau latihan kesadaran. Selain itu, kita bisa melakukan hal lainnya untuk merawat tubuh, seperti: Memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat dan seimbang. Olahraga rutin. Tidur cukup. Menghindari konsumsi alkohol atau merokok berlebihan.

3. Melakukan hal-hal yang disukai. Lakukan hal-hal yang membuat diri santai, seperti: membaca, menulis, menggambar, bernyanyi dan hal lainnya yang tidak mengharuskan untuk keluar rumah. Laman Insider menyoroti penelitian dari University of California, Merced, yang menemukan bahwa melakukan aktivitas santai yang ktia sukai dapat secara langsung meredakan stres dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

4. Tetap terhubung dengan orang lain. Hal ini membuat kita tetap dekat dengan orang lain walau tak bertemu. Bisa dimulai dengan menghubungi sahabat-sahabat di masa sekolah dan menanyakan kabar mereka. Ataupun dengan menghubungi keluarga yang jauh, yang mungkin membutuhkan dukungan dari kita.

5. Kontrol hal yang kita bisa. Ingatlah bahwa tidak semua hal bisa kita kontrol, termasuk banyak hal yang membuat kita takut dan cemas di situasi pandemi ini. Menurut Mental Health Foundation, kita bisa menyusun sebuah perencanaan untuk mulai mengelola hal apa saja yang bisa kita kontrol dan tidak.

Dengan melakukan hal-hal seperti yang telah disebutkan, akan membuat dirimu lebih rilex. Selamat mencoba!

Tag : kesehatan

Berita Terkait